OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 BAGI GURU BAHASA ARAB MI DI PEKALONGAN

Authors

  • Ali Burhan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Akhmad Zaeni Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Akhmad Aufa Syukron Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Syarifatunadia Syarifatunadia Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.25210

Keywords:

Optimalisasi, Media Pembelajaran, Adobe Flash CS 6, Guru Bahasa Arab MI.

Abstract

Pengabdian ini berfokus pada optimalisasi media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 bagi guru Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kota Pekalongan. Kelebihan Adobe Flash CS6, seperti kemampuan menghubungkan gambar, suara, dan animasi, serta kemampuan menyimpan media dalam handphone, memberikan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab. Namun, beberapa faktor pembatas, seperti minimnya pengetahuan guru dan keterbatasan akses terhadap pelatihan relevan, perlu diatasi. Pengabdian masyarakat ini dipilih karena Kota Pekalongan memiliki wilayah geografi yang tidak terlalu luas, dengan 46 lembaga pendidikan MI yang tersebar di empat kecamatan. Metode dalam pengabdian ini menggunakan Community Based Research (CBR) digunakan dengan melibatkan guru-guru bahasa Arab MI dan memfokuskan kegiatan di MI Dekoro, Pekalongan Timur. Kegiatan melibatkan sosialisasi, pelatihan, diskusi, dan pendampingan tatap muka, dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 yang interaktif. Hasil dari pengabdian ini yaitu guru bahasa Arab MI telah memahami konsep maupun teknis menggunakan dan mengintegrasikan konten bahasa Arab ke dalam aplikasi Adobe Flash CS6, disediakannya pelatihan berkelanjutan, mendukung kolaborasi antar guru, mengembangkan materi terintegrasi, dan mengenalkan praktik-praktik terbaik tentang Aplikasi Adobe Flash CS6, kegiatan pengabdian ini dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan relevan. Melibatkan stakeholder dan menyebarkan manfaat penggunaan teknologi ini secara luas akan memperkuat dukungan masyarakat untuk keberlanjutan melalui kegiatan optimalisasi ini.

References

Hanafi, M. N. (2015). Community based Research-Panduan Merancang dan Melaksanakan Penelitian Bersama Komunitas. Surabaya: Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Uin Sunan Ampel Surabaya.

Irawan, A., Laurin, M. S., & Suherman, S. (2015). Perancangan Animasi Pembelajaran Perawatan Mesin Kendaraan. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 2(1).

Kemenag, A. (2023, 9 1). Madrasah Ibtidaiyah Kota Pekalongan. Retrieved from Kementerian Agama Kota Pekalongan : https://kotapekalongan.kemenag.go.id/profil/jm-mm-25/

Kurniawati, I.D., Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.

Rezeki, S. (2018). Pemanfaatan adobe flash cs6 berbasis problem based learning pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 856-864.

Square, C. (2023, May 3). Introduction to Flash CS 6. Retrieved from Cyber Square: https://cyber.olympiadsuccess.com/class-8-introduction-to-flash-cs6

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Burhan, A., Zaeni, A., Syukron, A. A. ., & Syarifatunadia, S. (2024). OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 BAGI GURU BAHASA ARAB MI DI PEKALONGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4373–4378. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.25210

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.