PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENGEMBANGAN USAHA dan MANAJEMEN PEMASARAN PETANI HIDROPONIK SELADA (LACTUCA SATIVA L)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.25163Keywords:
Pengembangan Usaha, Petani SeladaAbstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu pemberdayaan petani desa Balai Agung Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang agar memiliki produk berdaya guna dan bernilai jual yang tinggi. Pada program pengabdian ini tim melakukan 2 (dua) kegiatan utama yaitu pengembangan usaha melalui pemenuhan modal usaha dan pelatihan pemasaran. Solusi dan metode yang ditawarkan oleh tim pelaksana antara lain 1) memberikan pengetahuan manajemen pengembangan usaha hidroponik, memberikan bantuan modal untuk pembibitan; dan 2) memberikan pendampingan kepada mitra untuk melakukan pengelolaan pemasaran secara online.References
Ardiansyah, A., & Supriadi, F. (2022). Strategi Pemasaran Secara Online Bagi Ibu PKK Kecamatan Ulak Jaya Kabupaten Sintang. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 19(1), 68-76.
Afridhal. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong Di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian 1 (3) : 223 ± 233
Andita, Novaria. et.al(2020) Analisis Bauran Promosi Dan Saluran Distribusi Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Target Penjualan Sepeda Motor Honda Pada Dealer Buana Raya Motor Banjarmasin. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/1823/3/artikelnova.pdf
Buchari Alma. (2009). Kewirausahaan. Bandung : Penerbit Alfabeta Kasmir. (2007). Kewirausahaan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada. Shinta, Agustina (2011) Manajemen Pemasaran. Malang. UB Press
Fadli, et. Al. (2020). Pengembangan Kewirausahaan Agribisnis Melalui Pelatihan Kelompok Usaha Hidroponik. Jurnal Agrifo. Vol 5, No 1 (2020)
Kotler, Philip. dan Amstorng, Gary, (2011). Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Manurung, Adler Haymans. (2010) Modal untuk Bisnis UKM. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. Munawir. (2014) Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Nugraha.Ardi. (2011) Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendapatan, dan Sikap Kewirausahaan terhadap Pendapatan Usaha Pengusaha Industri. Skripsi. Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negri Yogyakarta.
Putera, Tinton Dwi. (2015). Hidroponik Wick System: Cara Paling Praktis, Pasti Panen. Jakarta: AgroMedia Pustaka.
Roidah, Ida S. (2014). Pemanfaatan Lahan dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO, 1(2): 43-50
Syahputro, Eko Nur (2020) Melejitkan Pemasaran UMKM melalui Media Sosial. Jakarta. Caremedia Communication
Samodro, Galih Seno. (2018). Strategi Pengembangan Usahatani Sayuran Organik Kelompok Tani Cepoko Mulyo Kabupaten Boyolali. Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture. 33(2), 169-179, 2018 URL http://jurnal.uns.ac.id/carakatani/article/view/22874 DOI: http://dx.doi.org/10.20961/carakatani.v33i2.22874
Selang, Christian A.D. (2013) Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 71- 80
Sulaiman. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepercayaan Merek dan Dampaknya pada Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Politeknik Aceh, Jurnal Manajemen, Vol. 4, No. 1.
Supermini, Ni Luh Gede. et.al (2013) Identifikasi Efisiensi Saluran Distribusi Pemasaran Kopi Bubuk Pada Perusahaan Mutiara. https://media.neliti.com/media/publications/5179-ID- identifikasiefisiensi-saluran-distribusi-pemasaran-kopi-bubuk-pada-perusahaan-m.pdf
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran strategik. Yogyakarta: Andi
Umar, Husain. 2013. Riset pemasaran & perilaku konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Winardi dan Triyono, Aris. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta.DeePublis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ardiansyah Ardiansyah, Fillia Klarasinta Dwi Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.