PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK UNDUSTRI RUMAH TANGGA D’BAHA SIMO BOYOLALI

Authors

  • Zaid Munawar Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Ahmad Faruk Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Ian Aji Hermawan Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Muhammad Yasin Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Bambang Sukoco Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24162

Keywords:

Perlindungan Konsumen, Strategi Pemasaran, Industri Rumah Tangga

Abstract

D'Baha Simo merupakan salah satu Industri Rumah Tangga (IRT) di Indonesia yang berdiri di desa. IRT ini memproduksi aneka macam camilan, kue dan roti. Sebagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang belum lama berdiri, D’Baha memiliki permasalahan seperti rendahnya tingkat permintaan pasar karena minimnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dijual dan minimnya keterampilan dalam strategi pemasaran di era digital. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan kepada mitra tentang perlindungan konsumen dan strategi pemasaran bagi IRT atau UMKM. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah melalui observasi di lokasi IRT D’Baha, wawancara dengan pemilik, dan sosialisasi secara langsung kepada pemilik dan para santri sebagai pekerja di dalamnya tentang perlindungan konsumen dan strategi pemasaran. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa sosialisasi tersebut sangat membantu mitra dalam meningkatkan pengetahuan tentang perlindungan konsumen guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dijual. Selain itu, sosialisasi tersebut juga membantu mitra dalam meningkatkan keterampilan dalam mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat dari produk yang dijual. Sosialisasi ini diharapkan berguna bagi mitra untuk mengembangkan usahanya agar jumlah permintaan barang atau produk yang dijual semakin tinggi di pasaran sehingga dapat menaikkan keuntungan dan  meningkatkan kesejahteraan bagi pemilik dan para pekerja di dalamnya. 

References

Anggraini, D., Nasution, S. H. (2013). Peran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pengembangan UMKM di Kota Medan (Studi Kasus Bank BRI). Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 1(3), 105-116. https://www.neliti.com/id/publications/14879/peranan-kredit-usaha-rakyat-kur-bagi-pengembangan-umkm-di-kota-medan-studi-kasus

Arifen, S. R., Purwanty, V. D., Suci, D. A., Agustiawan, R. H., Sudrajat, A. R. (2019). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi STAI LAN Bandung, 1-7. https://knia.stialanbandung.ac.id/index.php/knia/article/view/112/pdf

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Cano Ekonomos, 6(1), 51-58. https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/627/400

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan.

Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Republik Indpnesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Munawar, Z. ., Faruk, A. ., Hermawan, I. A. ., Yasin, M. ., & Sukoco, B. . (2024). PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK UNDUSTRI RUMAH TANGGA D’BAHA SIMO BOYOLALI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2290–2296. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24162

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.