POTENSI WIRAUSAHA SUKSES MAHASISWA GEN Z DI POLITEKNIK NILAI, MALAYSIA

Authors

  • Soeharjoto Soekapdjo Universitas Trisakti
  • Nirdukita Ratnawati Universitas Trisakti
  • Rizqullah Rizqullah Universitas Trisakti
  • AA Hubur Universitas Trisakti
  • Wahyu Angko Saputro Universitas Trisakti
  • Debbie Aryani Tribudhi Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24158

Keywords:

Potensi, Wirausaha, Era Digital, Generasi Z, Serumpun

Abstract

Globalisasi di era digital, membuat dunia menjadi tanpa batas, dengan kehidupan yang serba praktis dan informasi semakin transparan. Hal ini, memotivasi masyarakat untuk bermigrasi, guna memperoleh kehidupan yang lebih baik. Namun, bagi lulusan sarjana dan advokasi, dengan kompetensi yang dimilikinya, dapat memenangkan persaingan di pasar tenaga kerja. Generasi Z yang tumbuh dan berkembang di era ini, berpeluang besar untuk menjadi wirausaha sukses. Pilihan sebagai wirausaha, sangat diharapkan negara, karena berkontribusi besar dalam membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan penerimaan negara. Indonesia dan Malaysia sebagai negara yang serumpun, memiliki karakteristik serupa dengan lokasi yang berdekatan. Mahasiswa di Malaysia, banyak yang ingin menjadi wirausaha yang bermitra dengan Indonesia. Mahasiswanya, merasa perlu mendapatkan informasi dan pengetahuan dari perguruan tinggi di Indonesia. Untuk itu, pihak Universitas Trisakti dari Indonesia melakukan kerjasama Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Politeknik Nilai dari Malaysia. Adapun tujuannya, untuk memberikan informasi dan pengetahuan, guna memotivasi mahasiswa dari Malaysia sebagai pelaku wirausaha yang bermitra dengan Indonesia. Kegiatannya dilaksanakan secara hybrid, menggunakan metode penyuluhan, dengan tema Readiness and Agility to Create Opportunities for Gen Z to Become Young Entrepreneurs in Digital Age. Kegiatan ini, berhasil dengan baik, karena dapat meningkatnya pengetahuan dan wawasan tentang Generasi Z dari 65 persen menjadi 90 persen, literasi keuangan syariah dari 60 persen menjadi 85 persen, dan pengelolaan usaha yang terintegrasi dari 55 persen menjadi 80 persen. Pelaksanaan berikutnya, sebaiknya dilakukan secara berkesinambungan dengan materi yang kekinian dan beragam, serta perlu dibentuknya komunitas usaha muda Malaysia Indonesia.

References

Abadi, T. W. (2016). Aksiologi: Antara Etika, Moral, dan Estetika. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 187–204.

Asnawati. (2021). Kewirausahaan: Teori dan Contoh-Contoh Rencana Bisnis. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Bencsik, A., Juhász, T., & Horváth-Csikós, G. (2016). Y and z generations at workplaces. Journal of Competitiveness, 6(3), 90–106.

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7 Knappptma, 307–314.

Fleury, S., & Richir, S. (2023). The End of The Digital Generation Gap. Journal of Ergonomics Studies and Research, 2(1), 1–9.

Garelli. (2003). Competitiveness of Nations: The Fundamentals BT-IMD World Competitiveness Yearbook 2003. In IMD World Competitiveness Year book 2003.

HarrisPoll. (2020). Gen Z 100. https://theharrispoll.com/insights-news/reports/the-harris-z-tracker/. Diakses pada 30 Desember 2023.

Hermawanto, A., & Anggraini, M. (2020). Globalisasi, Revolusi Digital dan Lokalitas: Dinamika Internasional dan Domestik di Era Borderless World. Yogyakarta: LPPM UPN VY PRESS.

Juwita, E. P., Budimansyah, D., & Nurbayani, S. (2015). Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa. Sosietas, 5(1), 1–8.

Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 228–240.

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 9(1), 131–139.

McKinsey. (2018). True Gen: Generation Z and Its Implications for Companies. https://www.mckinsey.com/industries/consumer-packaged-goods/our-insights/true-gen-generation-z-and-its-implications-for-companies. Diakses pada 28 Desember 2023.

Mulyana, R. A., Nurchotimah, A. S. I., & Mutaqin, Z. (2022). Konsep Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. EDUEKSOS: The Journal of Social and Economics Education, 11(1), 8–19.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47.

Pettigrew, A., & Whipp, R. (1993). Managing Change for Competitive Success. Oxford: Blackwell Publishers.

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Rijanta, Listyaningsih, U., &, & Amri, Y. (2022). Faktor Sosial dan Demografi Yang Berhubungan Dengan Pekerja Lansia di Indonesia. Jurnal Litbang Sukowati, 5(2), 1–11.

Rinawati, T., Niati, A., & Ariefiantoro, T. (2021). Peluang Mahasiswa Dalam Dunia Kerja Ditinjau Dari Aspek Kompetensi. Buletin Bisnis & Manajemen, 7(2), 107–117.

Romdiati, H., & Noveria, M. (2019). Dimensions of Population Mobility: To Move, Not to Say. Jurnal Kependudukan Indonesia, 14(2), 185–198.

Seemiller, C., & Grace, M. (2019). Generation Z: A Century in the Making. Routledge.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Soeharjoto, Patriyasa, M. A., Tribudhi, D. A., Ratnawati, N., Yusran, H. L., Salfinnia, M., Fatmikasari, N., & Ardiyanto, A. (2023). Pelatihan Tata Kelola Keuangan UMKM di Desa Sukadanau, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2439–2444.

Soeharjoto, Ratnawati, N., Purnamaningrum, T. K., Esya, L., Lestari, H. S., Astuti, C. D., & Muayyad, D. M. (2023). Strategi UMKM Pimpinan Cabang Istimewa Fatayat NU Malaysia Untuk Dapat Bertahan Dalam Menghadapi Krisis Global Akibat Pandemi COVID-19. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 6029–6036.

Soeharjoto, Rustam, R., Busnetty, I., Adriana, M., Tribudhi, D. A., Ratnawati, N., & Salfinnia, M. (2022). Pengembangan Wirausaha Pimpinan Cabang Istimewa Muslimat NU Malaysia di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(12), 2343–2350.

Wahyudi, Finatariani, E., &, & Sugiarti, E. (2023). Perencanaan Sumber Daya Manusia Di Era Digital: Menyongsong Revolusi Industri 4.0. Bekasi: PT Dewangga Energi Internasional.

Wheelen, T., & Hunger, D. (2023). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi Publisher.

Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Wiratno, S. (2012). The Implementation of Entrepreneurship Education in the Higher Education. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4), 453–466.

Yenny, N. (2015). Menyiapkan Tenaga Kerja Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Geografi, 7(1), 1–9.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Soekapdjo, S., Ratnawati, N. ., Rizqullah, R., Hubur, A. ., Saputro, W. A. ., & Tribudhi, D. A. . (2024). POTENSI WIRAUSAHA SUKSES MAHASISWA GEN Z DI POLITEKNIK NILAI, MALAYSIA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 692–697. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24158

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.