PENTINGNYA ILMU TAJWID DALAM MEMPELAJARI AL-QUR’AN

Authors

  • Abdul Gafur Universitas Sriwijaya
  • Nurhasan Nurhasan Universitas Sriwijaya
  • Endang Switri Universitas Sriwijaya
  • Apriyanti Apriyanti Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23698

Keywords:

Al-Qur’an, Ilmu Tajwid, Mad.

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan yang dilakukan adalah pembinaan tentang ilmu Tajwid di antaranya hukum bacaan Mad. Hal ini dilakukan karena masih adanya mahasiswa yang belum memahami dan menerapkan bacaan Mad ketika membaca al qur’an dan hal ini sangat penting dilakukan. Karena ketika kita membaca al-qur’an dengan salah maka akan berdosa. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi pengetahuan kepada mahasiswa mahasiswi  yang ada di FKIP Unsri indralaya bagaimana cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar menurut ilmu Tajwid seperti hukum bacaan Mad. Metode yang di gunakan dengan ceramah, praktek dan simulasi mencari contoh yang ada dalam al-Qur’an. Hasil dari kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka khususnya kepada mereka yang belum sama sekali pernah belajar hukum bacaan ilmu tajwid serta bagi mereka yang pernah belajar untuk mengingatkan kembali pelajaran mereka. Hal ini bisa dilihat dari nilai rata rata sebelum kegiatan yakni 50 dan rata rata nilai sesudah kegiatan 70. Dan kegiatan ini perlu tindak lanjutan mengingat begitu pentingnya belajar al-qur’an beserta tajwidnya.

References

Addani. (2000). At Tahdid Fil Itqan wa at Tajwid. Dar "ammar.

Al-Qaythan, M. K. (1998). Mabahist Fi Ulumil Qur’an Terjemah. PT. Pustaka Litera Antar Nusa.

Anggriani Rambe, Arfa, dkk. (2021). Program pengenalan ilmu tajwid melaui media pembelajaran pohon ilmu. Maslahah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Arifin, A., & Habibbulloh, M. (2019). Efektivitas model pembelajaran kooperatif stad menggunakan alat peraga alquran untuk meningkatkan penguasaan tajwid. Pendidikan Agama Islam, 16(2), 189–202.

Ashadiqi, M. H., Erlansari, A., & Farady, F. (2020). Tajwid berbasis android. Jurnal Rekursif, 8(1).

Defi Habibi . Muhammad. (2018). Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Quran melalui metode Qiroati. JIE, 3(2). DOI: https://doi.org/10.29062/jie.v3i2.97

Hakim, R. (2015). Pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan berbasis al-quran. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2788.

Hashim, A., Saili, J., & Noh, M. A. C. (2015). The Relationship between Pedagogical Content Knowledge and al-Quran Tajweed Performance among Students KKQ in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1530–1537. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.106Kasmira, Jariyah, A., & Tasman, M. R. (2015). Peningkatan kemampuan membaca alquran melalui metode tajwid card pada santri tk/tpa nurul iman jalan rappokalling kelurahan tammua kec. Tallo. Pena, 2(2), 329–338.

Khairul, K., & Haramain, M. (2018). Aplikasi Digital Risalah Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Alquran. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 145–157. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.726

Kurnedi; Abu Ya’la. (2013). Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i. Pustaka Imam Asy-0Syafi’i.

Maarif, V., Nur, M. H., & Rahayu, W. (2018). Aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android. Evolusi, 6(1).

Mulia, H. (2017). Aplikasi media pembelajaran ilmu tajwid dalam mengucapkan makharijulhuruf hijayah. Kepemimpinan Dan Kepengurusan Sekolah, 2(1), 1–6.

Musbah J. Aqel, N. M. Z. (2015). Tajweed: An Expert System for Holy Qur’an Recitation Proficiency. International Conference on Communication, Management and Information Technology (ICCMIT 2015) Procedia Computer Science 65, 807 – 812.

Mustiawani, V. (2018). Kepotajwid: aflikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis web interaktif. Indoesian Journal of Applied Informatics (IJAI), 2(2).

Nawawi, R. S. (2011). Kepribadian Qur’ani. Amzah.

Nisda. Syofrina. (2018). Pelatihan baca tulis al-quran terhadap santri madrasah diniyah takmiliyah awaliyah amanah di jorong simpang ampe nagari lingkuang aua. Jurnal Dinamisia?: Jurnal PPM.

Nurhasan, G. A. I. A. (2011). Buku Ajar Pendidikan Agama Islam. Universitas Sriwijaya.

Saprina, S. M. I. (2020). Ability to read quran and understanding of tajwid for sriwijaya university students. CONCIENCIA: Journal Islamic Education, 20(2), 77–84. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/conciencia.

Shihab, M. Q. (2009). Membumikan Al-Qur’an. Mizan Pustaka.

Sudarjo, A., Mariana, A. R., & Nurhidayat, W. (2015). Aplikasi pembelajaran ilmi tajwid, waqaf dan makharijul huruf berbasis android. Jurnal Sisfotek Global, 5(2), 54–60.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Gafur, A. ., Nurhasan, N., Switri, E. ., & Apriyanti, A. (2023). PENTINGNYA ILMU TAJWID DALAM MEMPELAJARI AL-QUR’AN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13337–13343. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23698

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.