PKM MEMBANGUN BRANDING DESA WISATA TISTA PADA ERA REVOLUSI 5.0 DALAM PROMOSI DIGITAL

Authors

  • Anak Agung Ayu Dian Andriyani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Gede Agung Pandawana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Andri Permana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Putri Gita Ardiantari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Agung Gana Kumara Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23524

Keywords:

Branding Desa Wisata, Promosi Digital, Desa Wisata Tista, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Desa Tista Merupakan Salah Satu Desa yang Memiliki Potensi Alam. Melalui semboyan “The Secret Beauty Of Tista”, membawa Desa Tista menjadi Desa Wisata. Kelompok sadar wisata menyusun berbagai program wisata untuk mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu program andalan mereka adalah Tour Cycling dan jasa sewa tempat bernama ‘Mandala’ sebagai lokasi strategis, asri serta nyaman untuk membuat event dengan view persawahan. Namun sayangnya, belum banyak pengunjung yang mengetahui keberadaan Desa Tista karena sistem promosi yang mereka miliki masih sangat sederhana. Terlebih lagi dengan adanya pandemi, sistem promosi Desa Tista semakin tidak terarah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu Desa Wisata Tista dalam meningkatkan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi desa yang lebih optimal, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris pokdarwis desa Tista, serta meningkatkan kemampuan pembuatan konten media sosial yang lebih baik. Diharapkan melalui kegiatan ini, Desa Wisata Tista dapat memaksimalkan potensi dari media sosial sebagai sarana promosi desa yang lebih efektif, serta meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan pembuatan konten media sosial sehingga dapat lebih mudah berkomunikasi dengan wisatawan lokal maupun mancanegara, serta dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Desa Tista serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tista secara keseluruhan.

References

Indiani, N. L. P., Yogiarta, I. M., Pulawan, I. M., & Setena, I. M. (2021). Penguatan Promosi Desa Wisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif di Desa Pangsan, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Community Service Journal (CSJ), 3(2), 50–56.

Jadesta Kemenparekraf. (2023). Desa Wisata Tista. Https://Jadesta.Kemenparekraf.Go.Id/Desa/Tista. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/tista

Karmila, K., & Ardan, T. (2022). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Dalam Upaya Promosi Desa Wisata Curugagung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 447–454.

Lestari, G. T., & Ali, D. S. F. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Melalui Media Aplikasi Sampurasun Dalam Mempromosikan Pariwisata. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1–10.

Nastia, N., Sa’ban, L. M. A., Putra, M. R. A., Jumadil, J., Finangsih, F., Alfayeed, R. M., Latif, L., & Gufran, L. (2023). Assistance for village owned enterprises through information technology-based institutions in Sandang Pangan Village, Buton Selatan Regency. Community Empowerment, 8(8), 1114–1121.

Partama, I. G. D. Y., Pandawana, I. D. G. A., Kumara, D. G. A. G., Puspitawati, N. M. D., Andriyani, A. A. A. D., & Wijaya, I. M. W. (2022). PKM: Penyusunan Paket Wisata Lintas Desa Dalam Mewujudkan Desa Wisata Kerambitan Terintegrasi. Jurnal Tunas, 4(1), 45–51.

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan media sosial sebagai strategi digital marketing pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83.

Sandika, I. K. B., Widiartha, K. K., Sudipa, I. G. I., & Parwita, W. G. S. (2022). Pengelolaan Bank Sampah Sebagai Upaya Edukasi Masyarakat Pada Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan: Waste Bank Management as a Community Education Effort in Kukuh Village, Kerambitan District. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 1(2), 47–53.

Wijaya, B. K., Sudipa, I. G. I., Waas, D. V., & Santika, P. P. (2022). Selection of Online Sales Platforms for MSMEs using the OCRA Method with ROC Weighting. Journal of Intelligent Decision Support System (IDSS), 5(4), 146–152.

Yunanmalifah, M. A., Mulyaningsih, T., Fadholi, A. A. R., Choirunissa, A., Medina, B., Hendrawati, B. P., Umam, C., Wahyuni, D. T., Les Sumbawati, P. A., & Ashari, R. Y. (2021). Penataan destinasi dan strategi promosi guna meningkatkan jumlah wisatawan di kawasan wisata pantai Tanjung Karang Mataram. Jurnal Abdi Insani, 8(2), 168–180.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Andriyani, A. A. A. D., Pandawana, I. D. G. A., Puspitawati, N. M. D. ., Permana, I. P. A. ., Ardiantari, I. A. P. G., & Kumara, D. G. A. G. . (2023). PKM MEMBANGUN BRANDING DESA WISATA TISTA PADA ERA REVOLUSI 5.0 DALAM PROMOSI DIGITAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13019–13023. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23524

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.