PENGEMBANGAN DIGITALISASI UMKM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PEMASARAN DI DESA WISATA HARIARA POHAN

Authors

  • Dewi Yanti Politeknik Pariwisata Medan
  • Budi Prayogi Politeknik Pariwisata Medan
  • Ananda Pratiwi Panjaitan Politeknik Pariwisata Medan
  • Deby Regina Br. Bangun Politeknik Pariwisata Medan
  • Putra Adrian Sibarani Politeknik Pariwisata Medan
  • Safira Septy Vani Marbun Politeknik Pariwisata Medan
  • Septi Anggina Sitinjak Politeknik Pariwisata Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23448

Keywords:

Digitalisasi; UMKM; Pemasaran; Sosial Media; Labelisasi Produk

Abstract

lapangan pekerjaan, mendukung kemajuan komunitas setempat, dan berperan sebagai katalisator perubahan sosial. Namun, di tengah arus perubahan teknologi yang begitu cepat, banyak UMKM yang berisiko tertinggal jika mereka tidak mampu mengadopsi teknologi digital. Pelaksanaan kegiatan Field Project Study ini memiliki tujuan yaitu membantu pelaku UMKM Pondok Tani dalam memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produk. Dan juga, dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM Yang ada di Desa Hariara Pohan, salah satu UMKM Yang dipilih yaitu UMKM Pondok Tani dimana UMKM ini memiliki kendala pada digital pemasaran, oleh karena itu mahasiswa/I ikut berperan dalam membantu strategi mengenai pemasaran digitalisasi. Penerapan strategi digitalisasi UMKM Pondok Tani saat ini masih menggunakan cara tradisional yaitu dari mulut ke mulut namun pelaku juga memanfaatkan teknologi digital hanya saja belum optimal karena pelaku masih mengunakan 2 media social (Facebook dan whatsapp). Pada saat kegiatan pendampingan mengenai pemanfaatan digitalisasi berlangsung, mahasiswa/I FPS melakukan penyuluhan kepada pelaku UMKM Pondok Tani mengenai pentingnya digitalisasi melalui media sosial agar produk dapat dikenal masyarakat luas. Mahasiswa/I FPS juga memperkenalkan platform media sosial yang lainnya seperti Instagram dan Tiktok kepada Pelaku UMKM Pondok Tani, memandu pelaku UMKM untuk membuat akun Instagram dan Tiktok, labelisasi produk, serta pembuatan Google My Business. Dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin maju, banyak pelaku usaha memilih untuk menggunakan pemasaran dan promosi produk melalui media sosial, terutama Instagram dan Tik tok, sebagai pilihan utama. Kehadiran media sosial diharapkan dapat dioptimalkan untuk meningkatkan pemahaman tentang pemasaran digital. Melalui program pendampingan, penggunaan media sosial dalam penjualan diharapkan dapat ditingkatkan, sehingga mempermudah UMKM dalam memasarkan produk mereka tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan biaya.

References

Lailia, V.R. 2023. Penerapan Strategi Pemasaran Digital Melaluli Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjulalan Pada Arunazma. Journal of Management and Social Scien ces (JMSC). 1 (2) : 1-10.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UlMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). 1 (1) : 1-17.

Sidhartani, S., Pratama, D., Raden, A. Z. M., & Qeis, M. I. (2020). Pelatihan Foto Produk UMKM Wayang Golek Sebagai Upaya Promosi Pasca Pandemi Covid-19. Dharma Raflesia?: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 180–189.

Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59-72.

Wati, A.P., Martha, J.A., dan Indrawati, A. 2020. Digital Markelting. Eldullitelra. Malang.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Yanti, D. ., Prayogi, B. ., Panjaitan, A. P. ., Bangun, D. R. B. ., Sibarani, P. A. ., Marbun, S. S. V. ., & Sitinjak, S. A. . (2023). PENGEMBANGAN DIGITALISASI UMKM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PEMASARAN DI DESA WISATA HARIARA POHAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12777–12783. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23448

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.