IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KELAS V DI MIS AL-ABBAS BATANG KUIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23386Keywords:
Strategi, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis ProyekAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkarakterisasi cara-cara yang digunakan siswa dalam menanggapi penerapan metodologi pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dan bentuk penelitian kualitatif fenomenologis. Data berasal dari observasi dan wawancara dengan guru dan dokumentasi terkait, yang berfungsi sebagai sumber data. Dalam penelitian ini, dokumen, observasi, dan wawancara adalah metode yang digunakan. Setelah itu, Halderman digunakan untuk memeriksa data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai pembelajaran berbasis proyek karena pembelajaran ini mendorong solidaritas siswa, memungkinkan mereka untuk memahami materi pelajaran dengan lebih cepat dan mudah, serta membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.References
Al-Habbah, Ahmad Mas’udi dan Suparji. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learring) Pada Mata Pelajaran Pelaksanaan Konstruksi Kayu Siswa Kelas XII TKY di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Pendidikan Teknik Bangunan, Vol. 2 No. 2.
Al-Mulla, M.A. 2020. The Effecitvenees of The Project-based Learning (PBL) approach as a way to engange students in learning. Jurnal Sage Open. Vol. 10, No. 3.
Dewi, Mia Roosmalisa. 2022. Kelebihan dan Kekurangan Project Based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Jurnal UPI, Vol. 19, No. 2).
Hadi, Abd, Asrori dan Rusman. 2021. Penelitian Kualitatif. Jawa Tengah : CV. Pena Persada.
Jusita, Martina Lona. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, Vol. 4, No. 2. https://dx.doi.org/10.17977/um022v4i22019p90.
Noor, M. Elfin dkk. 2017. Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek di SMAN 1 Jepara. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. Vol. 6, No. 1. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i1.15572.
Norhikmah dkk. 2022. Inovasi Pembelajaran Dimasa Pandemi : Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. Jurnal Obsesi. Vol. 6, No. 1. https://DOI:10.31004/obsesi.v6i5.1886.
Nugraha, Muh dkk. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. PINISI : Journal of Education, Vol. 1, No. 2.
Nurhaliza, dkk. 2021. Analisis Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Historica Didaktika : Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya, dan Sosial, Vol. 1, No. 2.
Rati, Ni Wayan dkk. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 6, No. 1.
Siwa, IB dkk. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3, No. 1.
Sulistyorini, Laras dan Yeni Anistyasari. 2020. Studi Literatur Analisis Kelebihan dan Kekurangan LMS Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK. Jurnal IT-EDU. Vol. 05, No. 1.
Sutrisna, G. B. B, dkk. 2019. Model Project Based Learninh Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Adat dan Budaya, Vol. 1, No. 2.
Suyanto. 2019. Fenomenologi sebagai Metode dalam Penelitian Pertunjukan Teater Musikal. Lakon : Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Wayang, Vol. XVI, No. 1.
Syahdian, 2020. Kesiapan Pembelajaran Metode Berbasis Proyek alam Jaringan (Daring) Antisipasi Covid-19. Dari bpmpprovsumut.kemdikbud.go.id : https://bpmpprovsumut.kemdikbud.go.id/kesiapan-pembelajaran-metode-berbasis-proyek-dalam-jaringan-daring-antisipasi-covid-19-2/. Diakses pada hari Sabtu, 30 September 2023, Pukul 19.00 WIB.
Thousand, Jacqueline dkk. 2007. Differentiating Instuction: Collaborative Planning and Teaching for Universally Designed Learning. California : Corwin Press.
Tirtawati, Ni Luh Ratna. 2020. Isolasi Mandiri Covid-19 dengan Daring PjB Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Journal of Education Action Research, Vol. 4, No. 4.
Wulandari, Fitria Eka. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Jurnal Pedagogia. Vol. 5, No. 2.
Zubaidah, Siti. 2021. Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21 Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Education Study. Vol. 3, No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arlina Arlina, Andika Septio Harahap, Fajariah Panggabean, Nur Afni Pulungan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.