INOVASI TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23297Keywords:
Inovasi Teknologi, Manajemen Pendidikan, Pengabdian, Masyarakat, Era DigitalAbstract
Pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat merupakan dua pilar utama dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Seiring dengan perkembangan teknologi digital yang pesat, diperlukan inovasi teknologi yang mampu menjawab tantangan dan mengoptimalkan efisiensi manajemen di bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini akan menggali lebih dalam konsep inovasi teknologi dalam meningkatkan efisiensi manajemen pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat di era digital. Studi ini menggunakan kajian komprehensif terhadap karya-karya yang telah diterbitkan sebelumnya, dengan menggunakan analisis kualitatif untuk mencapai pemahaman yang menyeluruh terhadap topik tersebut, dengan rentang waktu dari tahun 2016 hingga 2023. Hasil studi menunjukkan bahwa inovasi teknologi telah membawa dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi manajemen pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat di era digital. Pembelajaran online, sistem manajemen sekolah berbasis teknologi, dan aplikasi pembelajaran pintar telah menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih fleksibel, responsif, dan personal. Di samping itu, teknologi juga mempercepat kolaborasi antarlembaga pendidikan, pemerintah, dan sektor swasta, memungkinkan penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat dengan lebih efisien. Transformasi ini membawa perubahan positif dalam evaluasi kualitas pendidikan, pengembangan keterampilan siswa, dan efisiensi manajemen administratif.References
Alenezi, M. (2023). Digital Learning and Digital Institution in Higher Education. Education Sciences, 13(1), 88. https://doi.org/10.3390/educsci13010088
Andrini, V. S. (2016). The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students’ Learning Outcome: A Theoritical and Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38–42.
Coombs, C., Hislop, D., Taneva, S. K., & Barnard, S. (2020). The strategic impacts of Intelligent Automation for knowledge and service work: An interdisciplinary review. The Journal of Strategic Information Systems, 29(4), 101600. https://doi.org/10.1016/j.jsis.2020.101600
Cremer, F., Sheehan, B., Fortmann, M., Kia, A. N., Mullins, M., Murphy, F., & Materne, S. (2022). Cyber risk and cybersecurity: a systematic review of data availability. The Geneva Papers on Risk and Insurance - Issues and Practice, 47(3), 698–736. https://doi.org/10.1057/s41288-022-00266-6
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018
Dwivedi, Y. K., Kshetri, N., Hughes, L., Slade, E. L., Jeyaraj, A., Kar, A. K., Baabdullah, A. M., Koohang, A., Raghavan, V., Ahuja, M., Albanna, H., Albashrawi, M. A., Al-Busaidi, A. S., Balakrishnan, J., Barlette, Y., Basu, S., Bose, I., Brooks, L., Buhalis, D., … Wright, R. (2023). “So what if ChatGPT wrote it?” Multidisciplinary perspectives on opportunities, challenges and implications of generative conversational AI for research, practice and policy. International Journal of Information Management, 71, 102642. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2023.102642
Fromm, J., Radianti, J., Wehking, C., Stieglitz, S., Majchrzak, T. A., & vom Brocke, J. (2021). More than experience? - On the unique opportunities of virtual reality to afford a holistic experiential learning cycle. The Internet and Higher Education, 50, 100804. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2021.100804
Gachie, W. (2020). Higher education institutions, private sector and government collaboration for innovation within the framework of the Triple Helix Model. African Journal of Science, Technology, Innovation and Development, 12(2), 203–215. https://doi.org/10.1080/20421338.2019.1631120
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Khan, I., Ahmad, A. R., Jabeur, N., & Mahdi, M. N. (2021). An artificial intelligence approach to monitor student performance and devise preventive measures. Smart Learning Environments, 8(1), 17. https://doi.org/10.1186/s40561-021-00161-y
Kraus, S., Jones, P., Kailer, N., Weinmann, A., Chaparro-Banegas, N., & Roig-Tierno, N. (2021). Digital Transformation: An Overview of the Current State of the Art of Research. SAGE Open, 11(3), 215824402110475. https://doi.org/10.1177/21582440211047576
Pandita, A., & Kiran, R. (2023). The Technology Interface and Student Engagement Are Significant Stimuli in Sustainable Student Satisfaction. Sustainability, 15(10), 7923. https://doi.org/10.3390/su15107923
Saykili, A. (2019). Higher Education in The Digital Age: The Impact of Digital Connective Technologies. Journal of Educational Technology and Online Learning, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.31681/jetol.516971
Soori, M., Arezoo, B., & Dastres, R. (2023). Internet of things for smart factories in industry 4.0, a review. Internet of Things and Cyber-Physical Systems, 3, 192–204. https://doi.org/10.1016/j.iotcps.2023.04.006
Sternad Zabukovšek, S., Tominc, P., Deželak, Z., Nalbandyan, G., & Bobek, S. (2022). Acceptance of GIS within ERP System: Research Study in Higher Education. ISPRS International Journal of Geo-Information, 11(2), 83. https://doi.org/10.3390/ijgi11020083
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hegar Harini, Ahmad Gawdy Prananosa, Ade Ananto Terminanto, Herlina, Sulistianingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.