PARADIGMA MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN DI PERGURUAN TINGGI MEDAN

Authors

  • Nurmarito Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ikhwan El Musthofa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rafly Prahmana Hidayat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23216

Keywords:

Evaluasi, Perkuliahan, Perencanaan

Abstract

Meskipun banyak yang telah melakukan penelititan tentang persepsi mahasiswa, akan tetapi hanya sedikit yang membahas persepsi mahasiswa tentang pengelolaan perkuliahan yang  menitik fokuskan pada jurusan. Penelitian ini bertujuan untuk membuka pandangan mahasiswa tentang bagaimana cara pengelolaan perkuliahan, dalam hal ini berfokus pada perguruan tinggi Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus (Case Study). Data yang dikumpulkan melalui analisis dokumen, wawancara mendalam kepada informan. Hasil temuan menerangkan bahwa paradigma mahasiswa tentang aktivitas perkuliahan. belum mampu mengembangkan suasana perkuliahan agar terciptanya suasana yang sebagaimana diharapkan, dengan adanya ketidak puasan mahasiswa terhadap aktivitas perkuliahan yang dilaksanakan dosen.

References

Dwi Risky Febrian Dhini, ,. A. (2018). Persepsi Pengguna terhadap Kualitas Visual pada Ruang Perkuliahan. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 7(1), 38-45.

Hidayat, R. (2016). Manajemen Pendidikan Islam. Medan: LPPPI.

Huliselan, J. O. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 56- 63.

Indonesia, P. R. (2005). Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dan Guru Besar. Indonesia: Republik Indonesia.

M Faadhilah Suhandi, S. A. (2023, januari). Pendidikan Anti Korupsi Pada Jenjang Perguruan Tinggi. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 01(01).

Nomor, U. u. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Robert, Y. (2003). Case study research: design and methods (3 Edition). California: Thousands Oaks.

Sary, Y. N. (2018). Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deeppublish.

Sedyati, R. n. (2022). PERGURUAN TINGGI SEBAGAI AGEN PENDIDIKAN DAN AGEN PERTUMBUHAN EKONOMI. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 16(1).

Seminar, P. (n.d.). Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi Juni 2017(P.206212) Unit Penerbitan pusat Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat(P3M). 2017: Unipas Singaraja. doi:ISBN 9789791763738

Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran.

Yona, S. (2006). Penyusunan Studi Kasus. Jurnal keperawatan Indonesia, 10(2), 76-80.

Yusupa, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Sosialisasi Kode Etik Hubungan Antara Mahasiswa Dengan Dosen (Pasal 8 ) Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer 11.3, 155-160.

Aguss, R. M., Amelia, D., Abidin, Z., & Permata, P. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT AJAR SILABUS DAN RPP SMK PGRI 1 LIMAU. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 48. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1315

Barlian, E. (2018). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/aucjd

Kumari, A., Khan, M., & Lakshmi, N. (2023). Assessing antecedents of individual readiness to adopt knowledge management in higher educational institutions. Cogent Business & Management, 10(2), 2238393. https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2238393

Muslimah, M., Trismanto, T., & Wiwoho, G. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN BERDASAR KINERJA DOSEN. Bangun Rekaprima, 6(2), 35. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v6i2.2125

Offstein, E. H., & Chory, R. M. (2019). In Defense of the Lecture: Revisiting and Reassessing Its Place within Management Pedagogy. Organization Management Journal, 16(4), 350–362. https://doi.org/10.1080/15416518.2019.1681255

Rizaldi, R., Alfitri, A., Waspodo, W., & Sriati, S. (2023). Paradigma Kebebasan Dan Pembebasan Sebagai Sebuah Ilmu Pengetahuan Kritis: Indonesia. Jurnal Studia Administrasi, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.47995/jian.v5i1.151

Rizki Hambali Hsb, F. R. B. (2023). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Mengajar Dosen UINSU. https://doi.org/10.5281/ZENODO.8117734

Samosir, J., Sipayung, R., Universitas Negeri Medan, Sinaga, R., Universitas Negeri Medan, Sofia Tanjung, D., & Universitas Negeri Medan. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA VIII KELAS III SD RK BUDI LUHUR MEDAN. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 11(2), 108–116. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i2.25992

Schmoldt, A., Benthe, H. F., & Haberland, G. (1975). Digitoxin metabolism by rat liver microsomes. Biochemical Pharmacology, 24(17), 1639–1641.

Sriwahyuni, E., Zamista, A. A., & Dirsa, A. (2022). Pendampingan Persiapan Tes SKB CPNS Dosen (Paham tentang Tridharma Perguruan Tinggi sejak Mula). Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 277. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5492

Wiener, Y. (1982). Commitment in Organizations: A Normative View. The Academy of Management Review, 7(3), 418. https://doi.org/10.2307/257334

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Rambe, N. ., Musthofa, I. E. ., & Hidayat, R. P. . (2023). PARADIGMA MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN DI PERGURUAN TINGGI MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12970–12975. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23216