OPTIMALISASI ADMINISTRASI UNTUK KEBERLANJUTAN ORGANISASI PENDIDIKAN ISLAM PADA MADRASAH ISLAMIYAH KHULAFAURROSYIDIN, KABUPATEN JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22818Keywords:
Administrasi, Perencanaan OrganisasiAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat di Indonesia memberikan tantangan baru dalam membangun branding instansi. Bidang pendidikan merupakan salah satu bidang yang perlu melakukan rebranding agar jasa yang ditawarkan semakin diterima oleh banyak konsumen. Rebranding tata kelola organisasi terkait perencanaan, implementasi program baru, serta evaluasi dapat menjadi langkah strategis untuk memperbaiki kinerja dan mencapai tujuan yang lebih baik. Dalam konteks ini, rebranding tata kelola organisasi berfokus pada perubahan dalam sistem dan proses yang terkait dengan perencanaan, implementasi program baru, serta evaluasi kinerja organisasi. Pengabdian masyarakat ini dilakukan pada Yayasan MI Khulafaurrosyidin, Kabupaten Jombang dalam rangka optimalisasi administrasi untuk keberlanjutan organisasi. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memecahkan masalah yang ada pada MI Khulafaurrosyidin terkait dengan tata kelola administrasi, keuangan, legalitas, dan branding untuk menambah jumlah murid. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah membenahi aspek tata kelola terhadap administrasi, keuangan, legalitas, dan branding organisasi. Hasil pengabdian masyarakat ini menyajikan pendekatan holistik dalam meningkatkan keberlanjutan MI. Dengan meningkatkan tata kelola administrasi, keuangan, legalitas, dan branding, MI dapat mencapai efisiensi operasional, keuangan yang berkelanjutan, kepatuhan hukum, dan daya tarik sebagai lembaga pendidikan Islam. Upaya ini bukan hanya menciptakan fondasi yang kuat bagi MI saat ini, tetapi juga menetapkan dasar yang kokoh untuk keberlanjutan dan pertumbuhan berkelanjutan di masa mendatang.References
Abadi, M., & Maharani, S. (2021). Manajemen Humas Rebranding Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Aisyiyah Yogyakarta Menjadi Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 15(1), 83-98
Brewer, Jo Ann & Miller, Patricia H., (2007), Introduction to Early Childhood Education, Boston: Allyn and Bacon
Creswell, J. W. (2013). Research Design: Kualitatif, Kuantitatif, and Mix Method Approaches. California: SAGE.
Fauzia, L. V., & Persada, A. G. (2020). Rekonstruksi Media Sosial Instagram Sebagai Upaya Re-Branding Komunitas Kantong Pintar. Automata, 1(2).
Fitriani, Rini. 2007. Aspek Hukum Legalitas Perusahaan atau Badan Usaha dalam Kegiatan Bisnis. Jurnal Hukum Samudra Keadilan. 12 (1): 136-145.
Nastain, M. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk). CHANNEL, Universitas Mercu Buana Yogyakarta 5, 14-26.
Neumeier, Marty. 2003. The Brand Gap. USA: AIGA
Prakarsa, Wahyudi. 2007. Corporate Governance: Suatu Keniscayaan. Jurnal Reformasi Ekonomi. 1 (2).
Rampersad, Hubert K. 2008. Sukses Membangun Authentic Personal Branding. Jakarta: PPM.
Sidabalok, Janes. 2012. Hukum Perusahaan: Analisis Terhadap Pengaturan Peran Perusahaan dalam Pembangunan Ekonomi Nasional di Indonesia. Bandung: CV Nuansa Aulia.
Widi, R. K. (2018). Menggelorakan Penelitian; Pengenalan dan Penuntun Pelaksanaan Penelitian. Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Irfan Kharisma Putra, Zainul Arifin, Sarwono Sarwono, Taufik Akbar Alfajri, Sukmawati Nur Salamah, Ahmad Bachtiar Arif, Ahmad Bachtiar Arif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.