RE-BRANDING UMKM KERUPUK KEMPLANG LEMBAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN DI DESA LEMBAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22731Keywords:
Kemasan , Branding , Logo , WirausahaAbstract
Kerupuk Kemplang merupakan produk UMKM yang di hasilkan oleh warga Desa Lembak Potensi penghasilan warga Desa Lembak mayoritas dari penjualan kerupuk kemplang . Kemasan dan logo usaha merupakan satu hal yang penting dalam usaha , masyarakat desa Lembak masih belum memiliki pengetahuan yang lebih mengenai pentingnya branding dalam suatu produk . Pemberian label atau logo dan kemasan yang kurang menarik dapat menurunkan minat pembeli yang akan berdampak pada proses penjualan . Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan Re- Branding memperbaiki dan memperbaharui label atau logo dan kemasan pada produk kerupuk kemplang . Kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dan antusias warga desa Lembak terutama untuk pemilik usaha UMKM kerupuk kemplang . Hasil dari kegiatan ini adalah masyarakat desa Lembak jadi lebih memahami mengenai pentingnya branding yang baik untuk suatu usaha, dan memiliki tampilan kemasan dan logo atau label yang lebih menarik sehingga diharapkan mampu untuk meningkatkan minat beli konsumen.References
Chairul Putri, C., Sukma Garini, L., Rafi Syafuddin, M., & Puspaningtyas, A. (2023). Pengembangan UMKM Desa Bejijong Guna Meningkatkan Perekonomian Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Re-Branding Usaha ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 3(02), 16–22.
Illahi, Moch., Rafi Rivai, Luqy Fakhiroh, Ignatius Dewa, Desi Puspitasari, and G.Warmana. 2023. "Pengembangan Dan Pendampingan UMKM Chacha Kitchen Melalui Re-Branding". Jurnal ABDIMAS Indonesia 1 (2)
Defri, Ifwarisan, Arif Furkhon, Bella Anastasia, and Erwan Saputro. 2022. "Re-Branding UMKM Kelurahan Kedundung Mojokerto Melalui Logo Baru Yang Unik Dan Menarik". Abdimesin 2 (1): 10-19.
Peran Kkn Mahasiswa Dalam Mendorong Perilaku Inovasi Umkm Di Desa Telarsari. (2023).Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buan Perjuangan Karawang, 3(1), 1412-1417.
Kurniasari, D., T, T., & Roidah, I. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Melalui Legalitas Usaha dan Re-Branding Produk di Desa Kedungdalem KabupatenProbolinggo. Nangg roe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(4).
Rizka, S., & Susanti, E. (2023). Optimalisasi Branding Dan Re-Branding Produk UMKM Di Kelurahan Rungkut Tengah, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia, 1(3), 68-78.
Farida, N., Dewi, P., & Destriani, E. (2023). Pengembangan Logo dan Citra UMKM Melalui Rebranding. JURNAL HASPI: Jurnal Pengabdian Hasil Implementasi dan Diseminasi Masyarakat , 2(2), 103-108.
Pratiwi, L., Putri, L., Wati, D., & Wulandari, R. (2023). Re-Branding Produk Sebagai Daya Tarik Pemasaran pada UMKM Jamu di Dusun Kedurus Kabupaten Sidoarjo. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(2), 588-596. doi: 10.29407/ja.v7i2.18748
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Putri Aisa Oktavia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.