SOSIALISASI PLATFORM DIGITAL UNTUK TEUNGKU DAYAH DALAM REKRUTMEN SANTRI BARU

Authors

  • Muhammad Rizal Universitas Almuslim Bireuen
  • T Rafli Abdillah Universitas Almuslim Bireuen
  • Yuhaiyatul Akbar Universitas Almuslim Bireuen
  • Hanafiah Hanafiah Universitas Almuslim Bireuen

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21880

Keywords:

Sosialisasi, Platform Digital, Teungku Dayah, Rekruitmen Santri

Abstract

Kegiatan sosialisasi penggunaan platform digital bagi teungku dayah MUDIA Kabupaten Pidie Jaya. Mitra menghadapi masalah dengan keterbatasan teungku dayah dalam membuat akun di platform digital dan menggunakannya sebagai sarana promosi dayah mereka. Teungku, sebagai guru dayah, dapat memanfaatkan platform ini untuk mempromosikan dayah mereka dan merekrut santri baru, bahkan masyarakat sangat terbantu dalammempelajari profil dayah. Metode yang digunakan dalam sosialisasi ini adalah dengan metode ceramah dan melalui latihan praktik (drill practice) pembuatan akun platform digital. Target luaran kegiatan ini adalah dengan kegiatan pelatihan ini bisa menghasilkan Jurnal terakreditasi Sinta. Setelah menganalisis kebutuhan dari teungku dayah MUDIA, maka disepakati untuk memberikan materi pengenalan plat form digital dan manfaatnya serta pendampingan langsung dalam mempromosikan profil dayah. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 25 orang guru dayah. Plat form digital yang dihasilkan yaitu akun facebook, akun instagram, akun youtube dan akun tiktok. Kemudian dengan memanfaatkan plat form digital dapat meningkatkan visibilitas mereka di dunia digital, meningkatkan promosi dayah, dan memperkuat daya saing santri dalam era digital yang terus berkembang.

References

Informasi, S. (2022). JINTEKS ( Jurnal Informatika Teknologi dan Sains ) ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN JINTEKS ( Jurnal Informatika Teknologi dan Sains ). 4(2).

Kristanto, T., Hadiansyah, W., Nasrullah, M., Amalia, A., Anggraini, E., & Firmansyah, A. (2020). Strategi Pemasaran Digital Dalam Peningkatan Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Analisis SWOT. MULTINETICS, 6, 128–133. https://doi.org/10.32722/multinetics.v6i2.3415

Latifah, A., Dewi, Y., Harahap, N., Murtafiah, N. H., & Pemasaran, S. (2022). Strategi Pemasaran Digital Dalam Penerimaan Siswa. Journal of Islamic Education and Learning, 2(1), 65–78.

Musdholifah, M., Wardoyo, D. T. W., Iriani, S. S., Hartono, U., & Kautsar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kelas Online untuk Guru SMA di Kabupaten Magetan. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 49. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i1.673

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Respati, P. P., Basyari, A. S., & Kurniawan, A. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Aktivitas Promosi dan Pemasaran Di SMKS Muhammadiyah 3 Cerme Utilization of Digital Marketing as Promotional and Marketing Activities at SMKS Muhammadiyah 3 Cerme. 3(2), 153–161.

Rizal, M., Putra, A., Hidayahtullah, M., Pratama, A., Sosial, F. I., & Politik, D. (2022). Implementasi Digital Pr Pada Um Buton Dalam Menyebarkan Informasi Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(1), 55.

Sa’diah, H., Hakim, N., Yudiyanto, Y., & Suhendi, S. (2022). Analisis Penerimaan Siswa Man 1 Metro Terhadap Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran Biologi Di Masa Pandemi Covid-19. Akademika, 11(01), 145–162. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1764

Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 02(01), 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102

Sugeng, S. (2022). MANAJEMEN MARKETING JASA PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13, 45–57. https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.28335

Yulianingsih, Y., Mutia, I., & Cholifah, W. N. (2022). Pemanfaatan Teknologi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dan Promosi Sekolah. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 487. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i5.14294

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Rizal, M. ., Abdillah, T. R. ., Akbar, Y. ., & Hanafiah, H. (2023). SOSIALISASI PLATFORM DIGITAL UNTUK TEUNGKU DAYAH DALAM REKRUTMEN SANTRI BARU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6). https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21880

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.