PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LEWOLEMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21868Keywords:
Pembelajaran, Mind Mapping, Kegiatan EkonomiAbstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa “Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) Pada Materi Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lewolema”. Model pembelajaran Kebutuhan media pembelajaran sangat perlukan siswa dalam rangka mensukseskan tujuan pendidikan. Sebagaimana di ketahui bahwa bahan media pembelajaran salah satu faktor utama yang mampu untuk mensukseskan dalam proses pembelajaran. Khalayak sasaran dalam kegiatan PkM ini adalah Guru dan siswa SMA Kelas X yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 10 orang siswa perempuan dan 6 orang siswa laki laki. Tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahapan, antara lain: a) Perencanaan : Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah melakukan persiapan yang dimulai dengan pembentukan tim pelaksana kegiatan PkM untuk melakukan observasi guna mengetahui persoalan yang dialami oleh siswa kelas X SMA PGRI Larantuka dalam proses pembelajaran disekolah. Pada tahap ini para tim PKM yang merupakan dosen dan mahasiswa melakukan survei ke sekolah SMA Negeri I Lewolema. Survei ini dilakukan terkait sejauh mana mempersiapkan siswa dalam mengikuti kegiatan PKM ini. b) Pelaksanaan : Pada tahap ini salah satu mahasiswa yang merupakan perwakilan tim PKM untuk memberikan edukasi terkait penggunaaan metode pembelajaran peta pikiran (mind mapping). Metode ini diajarkan kepada siswa kelas X SMA Negeri Lewolema yang awalnya belum mengetahui metode ini menjadi tahu yang dapat diterapkan untuk memahami materi pembelajaran di sekolah. Siswa memetakan konsep-konsep penting dan diberikan warna untuk hasil kerjanya. Siswa kelas X SMA Negeri I Lewolema mengembangkan pembuatan mind mapping.References
Asriyati. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Visual Dalam Mata Pelajaran
Ips Kelas V Mi Ma’arif 07 Karangmangu Kroya Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016. (Skripsi). Diakses dari repository.iainpurwokerto.ac.id
Buzan, Tony. (2006). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Febliza, Asyti dan Zul Afdal. (2015). Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi Komunikasi. Adefa Grafika: Pekanbaru
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Kemmis, S & Mc Taggart, R. 1992. The Action Research Planner, Australia: Deakin University Press.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Windura, Sutanto. 2013. 1st Mind Map. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maria Anita Titu, Maria Kresensia Jedo Ritan, Hosdafina Barek, Yosefina Ese
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.