IMPROVING PUBLIC SERVICE QUALITY IN REALIZING IT-BASED SMART VILLAGE "PUBLIC REPORTING SYSTEM" THROUGH APPLICATION OF VILLAGE SERVICE INFORMATION SYSTEM (SIPEDES)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20649Keywords:
Sipedes, Smart Villages Dan Sistem Pelayanan PubikAbstract
Lembaga pemerintah sudah seharusnya memenuhi tuntutan terkait pelayanannnya yang berkualitas untuk seluruh masayarakat. Hal inilah merupakan wujud dari sebagaian bentuk tata kelola pemerintahan yang diharapkan oleh masyarakat dan juga dikenal dengan wujud Good government governance). Salah satu desa di kabupaten jember lebih tepatnya yakni desa tegalsari kecamatan ambulu yang merupakan salah satu desa binaan bagi prodi pendidikan masyarakat universitas jember merupakan salah satu desa yang sudah menjadi tempat sasaran penyelenggaran program-program permodelan keilmuan serta tempat penelitian dan pengabdian masyarakat. Beberapa masalah yang berkaitan dengan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat yaitu tingkat proses keterbukaan dan interaksi antara pemerintah desa dengan warga yang belum maksimal, belum adanya media sebagai wadah pengaduan keluhan/aspirasi masyarakat, sehingga belum bisa tersampaikan dan tertampung dengan baik. Maka hal ini membuat permasalahan yang dialami warga tidak dapat tertangani dengan baik oleh pemerintah desa sebagai pelayan masyarakat. Factor penyebabnya adalah khusunya bagi masyarakat yang lokasi tempat tinggalnya dengan kantor desa cukup jauh. Sedangkan pihak BPD pengurusan surat yang masih dilakukan secara manual juga sangat menyita waktu masyarakat. Hasil identifikasi kebutuhan banyak kebutuhan pada masyarakat perlu penanganan/respon yang cepat. Tidak jarang warga kehilangan kesabaran untuk pengurusan administrasi tersebut. Karena beberapa surat keterangan bersifat darurat, misalnya: surat keterangan tidak mampu ketika warga mengalami kendala pembayaran di rumah sakit, surat pengantar keterangan kelakuan baikdan juga berbagai kasus surat pengantar lainnya.References
A.H Rahadian. (2019). Revitalisasi Birokrasi Melalui Transformasi Birokrasi Menuju E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Stiami, 6(1), 85–94.
Afrinando, R.. (2012) “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok Minyak Sawit Mentah Berbasis Gis”, Padang.
Chopra, Sunil, Meindl, Peter. 2022 “Supplu Chain Management: Strategy, Planning And Operations, 2nd Edition, Pretince-Hall, New Jersey.
Didiek S. Wiyono & Yusep Rosmansyah. 2022. Review Peranan Teknologi Informasi/Information Technology (It) Dalam Manajemen Rantai Pasok/Supply Chain Management (Scm).
Lp2m-Unej. (2019). Sistem Informasi Desa Binaan Universitas Jember Pusat Pemberdayaan Masyarakat Lp2m Unej. Retrieved March 7, 2019, From Http://Portallink.Web.Id/Portal/Detail.
Husadha, C., Istianingsih, I., Hidayat, W. W., Prasetyo, E. T., Suryati, A., & Suraji, R. (2022). Persiapan Pembuatan Modul Penunjang Jabatan Fungsional Dosen. Jurnal Pemberdayaan Umat, 1(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.35912/Jpu.V1i1.767.
Pujawan, I Nyoman.2015 “Supply Chain Management, Edisi Pertama”, Guna Widya, Surabaya
Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2), 54–61. Https://Doi.Org/10.37438/Jimp.V2i2.67
Rewaldhi, M. R., Anwar, H. S., & Malik, I. (2020). Artikel Peran Badan Permusyawaratan Desa ( Bpd ) Dalam Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020 Di. 5(6), 70–79.
Susila Wibawa, K. C. (2019). Urgensi Keterbukaan Informasi Dalam Pelayanan Publik Sebagai Upaya Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik. Administrative Law And Governance Journal, 2(2), 218–234. Https://Doi.Org/10.14710/Alj.V2i2.218-234
Wirawan, V. (2020). Penerapan E-Government Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer Di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.18196/Jphk.1101
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 AT Hendrawijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










