PENDAMPINGAN PENINGKATAN TEKNOLOGI DIGITAL BAGI GURU DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20507Keywords:
Teknologi Digital, Sekolah Dasar, Kompetensi GuruAbstract
Perkembangan teknologi digital juga mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan dan berbagai aspek lainnya. Dunia pendidikan baik dalam proses akses informasi dan sumber daya, proses pembelajaran, maupun penilaian dan evaluasi pembelajaran tidak luput dari pengaruh teknologi digital. Teknologi digital membawa perubahan yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan. Tujuan melaksanakan kegiatan ini yaitu melaksanakan pendampingan peningkatan teknologi digital bagi para guru di Sekolah Dasar. Metode pendampingan dilakukan dengan metode diskusi dan praktik dengan 3 tahapan kegiatan yaitu diskusi, praktik dan refleksi. Subjek pelaksanaan kegiatan ini adalah para guru di SDN 03 Bengkayang. Kegiatan pendampingan dilaksanakan dengan terlebih dahulu menyampaikan materi mengenai evaluasi pembelajaran dan teknologi digital. Tahapan kedua adalah pembuatan dan pengelolaan teknologi berupa Platform goggle form sebagai media evaluasi pembelajaran. Tahapan terakhir dalam kegiatan pendampingan ini yaitu refleksi, dalam tahapan ini dilakukan evaluasi terhadap serangkaian kegiatan pengabdian. Melalui kegiatan pendampingan ini, para guru dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai alat pembelajaran dan evaluasi. Peningkatan ini diharapkan menjadi landasan inovasi dalam proses belajar-mengajar, meningkatkan hasil belajar siswa, serta mempersiapkan para guru dalam menghadapi perkembangan teknologi digital yang terus berkembang.References
ahmad, A., & Jinggan, N. (2017). Pengaruh kompetensi kemahiran guru dalam pengajaran terhadap pencapaian akademik pelajar dalam mata pelajaran Sejarah. JuKu: Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 3(2), 1-11.
Budiana, I., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Village, I. (2021). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR, 02(3), 144–161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2
Iswatiningsih, D. (2021). Guru dan Literasi Digital: Tantangan Pembelajaran di Era Industri 4.0. Peluang dan Tantangan Pembelajaran Digital di Era Industri 4.0 Menuju Era 5.0, 1, 232–245. https://ojs.uniwara.ac.id/index.php/protrapenas/article/view/213
Perdani, B. U. M., & Andayani, E. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Akuntansi Negara, 19(2), 99–115. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.46021
Ridha, M. (2019, January 29). Menjadi Guru Di Era Digital. Geotimes.https://geotimes.id/opini/menjadi-guru-di-era-digital-2/
Septiawan,F.(2020). Efektivitas Penggunaan Goofle Form Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Di SMK Negeri 1 Koba : Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Volume 7 nomor 2 hal 129-135
Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600–4611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2909
Utami, L. W. S. (2021). Penggunaan Google form dalam evaluasi hasil belajar peserta didik Di masa pandemi c0vid-19. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150-156.
Yufita, Sihotang, H., &Tambunan, W. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik melalui Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendampingan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3993–4006.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Silvester

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










