PENGUATAN PERAN SERTA KELUARGA DAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA DI DESA KWALA BEGUMIT KECAMATAN BINJAI KABUPATEN LANGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20417Keywords:
Keluarga, Masyarakat, Penguatan, Peran, Pendidikan IslamAbstract
Tujuan dari penjangkauan ke masyarakat ini adalah untuk memperkuat hubungan masyarakat dan kemampuan masyarakat dalam memberikan pendidikan Islam kepada masyarakat di Desa Kwala Begumit Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dialog partisipatif dan kolaboratif dengan masyarakat setempat. Data diperoleh melalui penelitian lapangan, observasi, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat dan umat secara keseluruhan membutuhkan perlindungan dan bimbingan dalam menanamkan pendidikan Islam kepada anak-anak. Penyuluhan, pelatihan, dan pemberian bimbingan dalam pelaksanaan pendidikan Islam di keluarga dapat meningkatkan peran serta keluarga dan masyarakat. Diharapkan temuan dari penelitian ini dapat membantu masyarakat dan pemerintah dalam meningkatkan standar pendidikan Islam di seluruh masyarakat, yang pada akhirnya dapat menghasilkan generasi yang lebih bermoral dan masyarakat yang lebih baik secara keseluruhan.References
Abdul Hamid. (2013). Pendidikan keluarga dalam Islam: Konsep dan implementasinya. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1-14.
Abdullah, A. (2015). Konsep Pendidikan dalam Islam. Jakarta: Kencana.
Budi Heriyanto, Agus Sarifuddin, Herman, Ali Maulida, Abdul Jabar. (2022). Metode Rasulullah Dalam Mendidik Anak: Studi Hadits Sammillah Wakul Biyaminik Wa Mimma Yalik (Ucapkan Bismillah Dan Makan Menggunakan Tangan Kanan Dan Memakan Makanan Yang Ada Disekitar). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03): 820.
Djalaluddin, H. (2010). Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Effendy, B. (2016). Metodologi Penelitian Sosial dan Kualitatif. Bandung: Refika Aditama.
Huda, N. (2012). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
Herman, Hery Saparjan Mursi, Ahmad Khoirul Anam, Ahmad Hasan, Ade Naelul Huda. (2023). Relevansi Dekadensi Moral Terhadap Degradasi Lingkungan. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 8(01).
Ibrahim, M. H. (2018). Pendidikan keluarga dalam Islam: Konsep dan nilai. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 1-14.
Muhammad, A., & Sani, A. (2017). Peran pendidikan keluarga dalam membentuk karakter anak pada masyarakat Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 164-180.
Nasution, S. (2017). Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Saifuddin, A. (2018). Pendidikan Islam dalam Bingkai Teologi. Jakarta: Kencana.
Yusuf, I. (2019). Pendidikan keluarga dalam Islam: Konsep dan praktik. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1-14.
Yusuf, M. (2015). Pendidikan Islam: Teori, Konsep, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Najari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










