PENGUATAN PENGETAHUAN SISWA TERHADAP PEMILU DAN ISU POLITIK KEBANGSAAN DI SMA NEGERI 1 GORONTALO UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20392Keywords:
Isu Politik, Kebangsaan, Pemilu Serentak 2024Abstract
Lemahnya pemahaman kognitif generasi muda dalam menghadapi pemilu, menggambarkan bahwa pendidikan politik masih memerlukan upaya kerjasama dari berbagai instansi seperti kampus dan sekolah. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa/siswi SMA Negeri 1 Gorontalo Utara tentang pemilu dan isu-isu politik menjelang Pemilu Serentak 2024. Melalui metode implementasi yang melibatkan pertemuan langsung dengan model komunikasi "diskusi" dan "sesi tanya jawab," kegiatan ini mengusung dua muatan konsep edukasi: (1) Konsep Strategi Penguatan Pengetahuan Siswa Terhadap Pemilu Serentak 2024 dan; (2) Konsep Penguatan Literasi Isu Politik Kebangsaan Menjelang Pemilu 2024. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian mencerminkan pencapaian yang signifikan. Terjadi peningkatan partisipasi siswa/siswi dalam aktivitas politik dan pemilu, pemahaman yang lebih mendalam tentang sistem politik, proses pemilu, dan isu-isu kebangsaan, keterampilan kritis dalam menilai informasi politik, serta kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan memahami berbagai pandangan politik. Capaian ini menciptakan generasi muda yang lebih cerdas, aktif, dan siap untuk berperan dalam menjaga kualitas demokrasi. Kesimpulannya, kegiatan pengabdian ini telah memberikan kontribusi positif dalam mempersiapkan generasi muda sebagai pemilih yang peduli, kritis, dan aktif dalam proses politik. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pemilu dan isu-isu politik, mereka memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan disinformasi dan polarisasi politik di era digital menjelang Pemilu 2024.References
Ardipandanto, A. (2020). Dampak Politik Identitas Pada Pilpres 2019: Perspektif Populisme [The Impact Of Identity Politics On President Election 2019: Populism Perspective]. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri Dan Hubungan Internasional, 11(1), 43–63. Https://Doi.Org/10.22212/Jp.V11i1.1582
Asshiddiqie, J. (2006). Parpol Dan Pemilu Sebagai Instrumen Demokrasi. Jurnal Konstitusi: Membangun Konstitusional Indonesia. Membagun Budaya Sadar Berkonstitusi, 3(1–192), 163.
Hemay, I., & Munandar, A. (2016). Politik Identitas Dan Pencitraan Kandidat Gubernur Terhadap Perilaku Pemilih. Politik, 12(1), 1737.
Kiftiyah, A. (2019). Upaya Rekonsiliasi Politik Identitas Pasca Pelaksanaan Pemilu 2019 Di Indonesia Reconciliation Efforts Of Identity Politics Post Of Election 2019 In Indonesia. Jurnal Analis Kebijakan, 3(1), 63–75.
Mahmud, R., Ahmad, N., Dahiba, H., & Nurdin, J. (2023). Pendidikan Politik Bagi Siswa Di Sma Negeri 1 Telaga Menjelang Pemilu Serentak 2024. Community …, (2), 2040–2048.
Mahmud, R., Wantu, S. M., Hamim, U., & Polone, P. (2022). Sosialisasi Penguatan Preferensi Politik Siswa Sma Negeri 1 Pinogaluman Menjelang Pemilu Serentak 2024.
Purnamawati, E. (2020). Perjalanan Demokrasi Di Indonesia. Solusi, 18(2), 251–264. Https://Doi.Org/10.36546/Solusi.V18i2.290
Wantu, S. M., Mahmud, R., Monoarfa, R., & Nurdin, A. (2023). Penguatan Literasi Siswa Menjadi Pemilih Cerdas Menjelang Pemilu 2024 Di Sma Negeri 4 Kota Gorontalo. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2059-2067.
Ridho, M. I. (2024). Membaca Politik Kebangsaan Nu Dan. 02(01), 10–19.
Rohim, M., & Wardana, A. (2019). Analisis Politik Millennial?: Persepsi Siswa Sma Terhadap Dinamika Politik Pada Pemilu 2019 Di Indonesia. Jip (Jurnal Ilmu Pemerintahan)?: Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 4(1), 47–63. Https://Doi.Org/10.24905/Jip.4.1.2019.47-63
Tulis, R. S. (2012). Paradigma Pemilihan Umum Dan Kepentingan Politik. Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 1(2), 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sastro M. Wantu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.