PELATIHAN PERANCANGAN KUIS BERBASIS ICT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI KALANGAN GURU MADRASAH

Authors

  • Sholihatul Hamidah Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rora Rizky Wandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19833

Keywords:

Perancangan Kuis, Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Interaktif.

Abstract

Pelatihan Perancangan Kuis Berbasis ICT merupakan sebuah pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberikan dukungan dan peningkatan kompetensi pedagogik kepada guru-guru Madrasah di lingkungan masyarakat sekitar. Pelatihan ini bertujuan untuk memfasilitasi penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam pembelajaran, dengan fokus pada perancangan kuis berbasis ICT. Selama pelatihan, dilakukan serangkaian kegiatan, dengan metode PAR termasuk pemaparan konsep perancangan kuis berbasis ICT, praktik langsung dalam pembuatan kuis, dan penerapan kuis dalam pengajaran. Guru-guru Madrasah dari berbagai tingkatan pendidikan dilibatkan dalam pelatihan ini. Hasil dari pengabdian ini adalah peningkatan kompetensi pedagogik guru-guru Madrasah dalam merancang dan mengintegrasikan kuis berbasis ICT dalam pembelajaran mereka. Para guru mengalami peningkatan pemahaman tentang bagaimana menggunakannya sebagai alat pembelajaran yang efektif dan merespon positif terhadap perubahan ini dalam pendekatan mereka. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan dampak positif pada siswa yang belajar di Madrasah tersebut. Mereka lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan mendapatkan manfaat dari penggunaan kuis berbasis ICT dalam meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Hasil survei kepuasan menunjukkan bahwa guru-guru puas dengan pelatihan ini dan merasa lebih percaya diri dalam menggunakan ICT dalam pembelajaran. Pelatihan ini juga telah membuka peluang kolaborasi yang lebih baik antara Madrasah dan masyarakat dalam mendukung pendidikan. Pelatihan ini menggambarkan bahwa pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan perancangan kuis berbasis ICT memiliki dampak positif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru Madrasah dan kualitas pembelajaran di lingkungan Madrasah. Ini adalah langkah positif menuju peningkatan kualitas pendidikan di masyarakat sekitar melalui pemanfaatan teknologi.

References

Dumiyati, D., Wardhono, A., & Nurfalah, E. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Ict Dengan Media Audiobook Dan Quiz I-Spring Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar. Prosiding Snasppm, 4(1), 52-57.

Lukitawati, P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Ict (Information And Communication Technology) Melalui Pendekatan Savi (Somatic, Auditory, Visual, And Intellectual) Pada Materi Geometri Transformasi Kelas Vii Di Smp Ma’had Islam Pekalongan. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 42-50.

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan Word Wall Game Quis Berpadukan Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal Of Educational Development, 2(2), 324-332.

Misriati, T., & Meilisa, H. (2021). Sistem Informasi Pembelajaran Online Pada Bimbingan Belajar Cyber Solution. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 48-52.

Susilawati, W., Widiastuti, T., & Abdullah, R. (2022). Pelatihan Desain Technological Pedagogical, Content Knowledge Pembelajaran Matematis Menuju Pendidik Profesional. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 98-106.

Hasyim, R. (2018). Hubungan Persepsi Guru Pai Terhadap Pendidikan Agama Islam Berbasis Ict Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di-Era Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Di Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(1), 79-138.

Badi’ah, N. A. (2016). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Ict Untuk Materi Un Tingkat Sd/Mi Berdasarkan Skl 2015/2016 Di Mi Raudlatul Falah Talok Malang (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ahdan, S., Priandika, A. T., Andhika, F., & Amalia, F. S. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Bola Voli Mengunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Learning Media For Basic Techniques Of Volleyball Using Android-Based Augmented Reality Technology.

Syafwan, H., Putri, P., & Mariana, M. (2019, September). Perancangan Media Pembelajaran Kimia Tentang Struktur Atom Berbasis Multimedia. In Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (Senaris) (Vol. 1, Pp. 1002-1009).

Hakim, A. A. (2019). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Quis Creator Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Kelas Vii Mts. Dayama Mengkuru Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(1), 162-166.

Meryansumayeka, M. V. S. M., Virgiawan, M. D., & Marlini, S. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 29-42.

Furqan, M., Efriyanti, L., Sesmiarni, Z., & Zakir, S. (2022). Perancangan Multimedia Pembelajaran Bimbingan Tik Kelas Xii Menggunakan Autoplay Media Studio Di Sman1 Padang Sago. Indonesian Research Journal On Education, 2(3), 906-918.

Iqbal, W. M. G. (2017). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator Pada Materi Koloid Kelas Xi Di Sma Koperasi Pontianak (Doctoral Dissertation).

Arthawan, I. P. A. Y. (2020). Pengembangan Konten Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X Semester Ii Di Sma Negeri 1 Banjar (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Imama, I. N., Wahyuningtyas, N., & Kurniawan, B. (2021). Media Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional Cs6 Untuk Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Smp. Sandhyakala Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), 64-76.

Downloads

Published

2023-10-13

How to Cite

Daulay, S. H. ., & Wandini, R. R. . (2023). PELATIHAN PERANCANGAN KUIS BERBASIS ICT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI KALANGAN GURU MADRASAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8720–8730. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19833

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.