MENTORING PEROLEHAN NIB DAN IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING KOMUNITAS UMKM KELURAHAN MANGUNHARJO

Authors

  • Nanang Adie Setyawan Politeknik Negeri Semarang
  • Mona Inayah Pratiwi Politeknik Negeri Semarang
  • Destine Fajar Wiedayanti Politeknik Negeri Semarang
  • Novitasari Eviyanti Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19523

Keywords:

NIB, Digital Marketing, OSS.

Abstract

Kegiatan usaha masyarakat di daerah khusunya UMKM telah banyak menberikan manfaat bagi masyarakat umum, akan tetapi kurangnya pendampingan terkait legalitas usaha bagi mereka membuat pengembangan usaha tidak berjalan sebagaimana mestinya, maka perlu adanya pendampingan untuk mendapatkan legalitas izin usaha bagi UMKM yang merintis maupun mengembangkan usahanya di Kelurahan Mangunharjo, program pengabdian berupa pendampingan dan pelatihan ini dengan peserta 10 orang Pelaku UMKM yang bergerak di berbagai bidang usaha seperti fashion, kuliner dan kerajinan di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang yang bertujuan meningkatkan kesadaran pelaku UMKM guna mengurus legalitas usaha, materi yang di sampaikan meliputi UU No. 20 Tahun 2008, Perpres No 98 Tahun 2014 dan PP Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Berbasis Resiko secara Online Single Submission (OSS). Pelatihan Digital Marketing dalam hal ini adalah dengan cara integrasi dan kombinasi berbagai aplikasi online sosial media melalui pendaftaran pemilik secara legal untuk informasi lokasi bisnis dan deskripsi bisnis di google bisnisku sehingga mudah ditemukan oleh pelanggan saat menggunakan aplikasi Google Map, memperluas jangkauan pelanggan melalui strategi pemasaran di Instagram bisnis, serta kemudahan dalam proses pemesanan dan komunikasi dari pelanggan kepada pemilik bisnis melalui fitur katalog produk di Whatsapp for Business. Melalui strategi integrasi berbagai media bisnis online tersebut, maka penyebaran informasi produk dan jasa yang ditawarkan oleh mitra UMKM.

References

Abdurrahman, G. Et Al. (2020) ‘Pelatihan Digital Marketing Pada Umkm Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), Pp. 88–92. Doi: 10.32528/Jpmm.V1i2.3981.

Ayuwardani, M., Yunianto, B. And Adie, N. (2021) ‘Analysis Of Mie Gacoan Customer Loyalty Through Customer Experience And Perceived Quality’, 5, Pp. 936–945.

Dewi, M. P. Et Al. (2020) ‘Sosialisasi Dan Pendampingan Penggunaan Online Single Submission Pada Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah Di Kota Depok’, Jurnal Komunitas?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), Pp. 34–39. Doi: 10.31334/Jks.V3i1.967.

Diansyah, R., Syahril, Aryanto, Arribe, E., & Winarso, D. (2017). Penguatan Umkm Melalui Pelatihan Blog. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri.

Djukisana, F. (2014) ‘Implementasi Kebijakan Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Manado’, Jurnal Administrasi Publik Unsrat, 2(3), P. 1217.

Febriyantoro, M. T. And Arisandi, D. (2018) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean’, Jmd: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), Pp. 61–76. Doi: 10.26533/Jmd.V1i2.175.

Harahap, H. S., Dewi, N. K. And Ningrum, E. P. (2021) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Umkm’, Jurnal Loyalitas Sosial: Journal Of Community Service In Humanities And Social Sciences, 3(2), P. 77. Doi: 10.32493/Jls.V3i2.P77-85.

Julita, Ami, (2017). Pelaksanaan Izin Usaha Mikro Dan Kecil (Iumk) Gratis Di Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru.Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. Http://Jom.Unri.Ac.Id/Index.Php/Jomfsip/Article/View/13728

Kusmanto, Heri, And Warjio. (2019) ‘Pentingnya Legalitas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Universitas Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial.Https://Jurnal.Unimed.Ac.Id/2012/Index.Php/Jupiis/Article/View/13583

Lubis, T. A., & Junaidi. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 163-174.

Nugroho, B. Setyo. (2021). Penerapan Strategi Kaizen Production Dan Integrated Digital Marketing Untuk Meningkatkan Produktivitas Dan Penjualan Umkm. Sentrikom Politeknik Negeri Semarang.

Nurfriani, V., Paramu, H., & Utami, E. S. (2014). Analisis Kinerja Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Dengan Dan Tanpa Pinjaman Di Kabupaten Jember. Jember, Jawa Timur, Indonesia.

Rahmat Gunawan, Rini Malfiany And Hamdan Yosep Pane (2021) ‘Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Ukm Rempeyek Nok Uus Dengan Video Cinematic Didukung Motion Grafis’, Pixel?:Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), Pp. 25–36. Doi: 10.51903/Pixel.V14i1.416.

Saifuddin, M. 2020. “Strategi Peningkatan Ekonomi Lembaga Sosial Dengan Memanfaatkan Aplikasi Pemasaran Berbasis Android (Studi Kasus Pada Unit Bisnis Kidpreneuer Di Yayasan Al Madina Surabaya)”. Jurnal Bisnis Dan Teknologi 7 (Vol 7 No 1 Tahun 2020), 16 -20

Saifuddin, M. 2013. “Pengaruh Jenis Endorser Dan Brand Name Terhadap Sikap Atas Iklan, Sikap Atas Merk Dan Niat Pembelian Pada Produk High Dan Low Involvement.”Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga (Jeba), 23(3),279-29.

Setiawati, Ira Dan Penta Widyartati. 2017. “Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm”. Jurnal Bima. Pascasarjana (S2) Stie Dharmaputra Semarang: 1 (1), 344.Wardani, P. S., & Sanica, I. G. 2020. “Strategy To Raise Brand Awareness Using Sosial Media To The Milenials.”Jurnal Bisnis Terapan, 4(2),2019171 -182. Https://Doi.Org/10.24123/Jbt.V4i2.2961

Setyawan, N. A. (2021) ‘The Existence Of Lasem Batik Entrepreneurs During The Covid-19 Pandemic’, Admisi Dan Bisnis, 22, Pp. 61–72. Available At: Https://Jurnal.Polines.Ac.Id/Index.Php/Admisi/Article/View/2490.

Setyawan N. A., Wibowo B.Y., Ayuwardani M., (2021), “Analysis Of Entrepreneurship Interest On Business Productivity”, Jurnal Sains Sosio Humaniora 5 (1), 628-639

Setyawan N. A., Wibowo B.Y., (2022), “Pendampingan Legalitas Umkm Pkh Graduasi Melalui Sistem Online Single Submission Di Kecamatan Suruh”. Prapanca: Jurnal Abdimas 2 (1), 1-9.

Setyawan N. A., Wibowo B.Y., (2023), “Improving Business Productivity Performance Through Entrepreneurship Training And Entrepreneurship Self-Efficacy”. Jurnal Ekuilnomi 5 (1), 44–51-44–51.

Soejono, F. Et Al. (2020) ‘Pendampingan Usaha: Penggunaan One Single Submission Untuk Ijin Usaha’, Wikrama Parahita?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), Pp. 103–108. Doi: 10.30656/Jpmwp.V4i2.2214.

Sumarjono, S., Subarkah, S. And Suparnyo, S. (2019) ‘Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Usaha Perdagangan Secara Online Oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Upaya Meningkatkan Investasi Di Kabupaten Kudus’, Jurnal Suara Keadilan, 19(1). Doi: 10.24176/Sk.V19i1.3219.

Susanti, E. (2020) ‘Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor’, Sawala?: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), P. 36. Doi: 10.24198/Sawala.V1i2.26588.

Syarizka, D. (2018). Bisnis.Com. Diambil Kembali Dari Ekonomi. Bisnis. Com:Https://Ekonomi.Bisnis.Com/Read/20180228/12/744047/Pemerintah-Targetkan-6-Juta- Umkm-Go-Digital-Tahun-Ini

Syifa, Y. I. Et Al. (2021) ‘Pelatihan Umkm Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19’, Abdipraja (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), Pp. 6–13.

Tarina, A. (2020) ‘Urgensi Izin Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik Bagi Usaha Mikro Dan Kecil’, Jurnal Pelita Ilmu, 14(2), Pp. 88–106.

Wahyu, C. Et Al. (2021) ‘Pengembangan Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah Di Dusun Sawohan Sidoarjo’, 01(02), Pp. 1–7.

Warmayana, I. G. A. K. 2018. “Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Promosi Pariwisata Pada Era Industri 4.0.”Jurnal Pariwisata Budaya, 3(2), 81-92.

Downloads

Published

2023-10-13

How to Cite

Setyawan, N. A. ., Pratiwi, M. I. ., Wiedayanti, D. F. ., & Eviyanti, N. . (2023). MENTORING PEROLEHAN NIB DAN IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING KOMUNITAS UMKM KELURAHAN MANGUNHARJO . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8667–8673. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19523