PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI RUMAH BELAJAR PATMOS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19514Keywords:
Pelatihan, Perangkat Pembelajaran, Merdeka BelajarAbstract
Perubahan tren prendidikan pada era merdeka belajar, menuntut guru sebagai garda terdepan pendidikan untuk dapat mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai. Di era Revolusi Industri 4.0 kebutuhan utama yang ingin dicapai dalam sistem pendidikan atau lebih khusus dalam metode pembelajaran yaitu siswa atau peserta didik yaitu penguasaan terhadap literasi baru. Literasi baru tersebut yaitu literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia. Selain itu, dalam sistem Pendidikan Merdeka Belajar tetap mengutamakan juga pendidikan karakter.Kurikulum merupakan rancangan pelajaran, bahan ajar, pengalaman belajar yang sudah diprogramkan terlebih dahulu. Kurikulum menjadi acuan setiap pendidik dalam menerapkan proses belajar mengajar. Perubahan kurikulum tidak terlepas dari perkembangan zaman yang sudah serba digital. Berdasarkan informasi yang didapat dari tenaga pengajar di rumah belajar Patmos, ketahui bahwa guru masih membutuhkan pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran guna mengembangkan kompetensi tenaga kerja dalam perkembangan kurikulum.References
Hadi, L. (2020). Pro dan Kontra Kebijakan Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 812–818. https://doi.org/10.5281/zenodo.4302861
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Safitri, I. (2017). Pengembangan E-Module Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Flipbook Maker Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp. Aksioma, 6(2), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v6i2.1397
Sari, R. M. (2019). PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam ANALISIS KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(special issue), 38–50.
Senjayawati, E. (2021). Pembelajaran Berbasis Hots Untuk Guru. Indonesian Journal Of Community Service, 1(4), 711–716.
Setiyawan, N. D., & Arsana, I. M. (2013). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MELAKUKAN PERBAIKAN SISTEM PENGAPIAN SISWA KELAS XII TSM DI SMK NEGERI 1 NGANJUK I Made Arsana. 02(1), 24–33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Janwar Tambunan, Lois Oinike Tambunan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.