PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DENGAN SINKRONISASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN PADA GURU PENJAS DI KOTA JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19363Keywords:
Quizizz, Google Classroom, Teknologi, Evaluasi PembelajaranAbstract
Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dengan Sinkronisasi Google Classroom Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran dilakukan mengingat pelatihan yang didapatkan selama ini termasuk minim. Sementara di tengah kemajuan teknologi digital menuntut guru agar lebih inovatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Adapun pelaksanaan kegiatan ini menerapkan metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Dimana metode ini terbagi dalam 3 (tiga) tahapan, yakni persiapan, pelaksanaan, dan refleksi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa : 1) Kegiatan pelatihan tersebut sangat dibutuhkan bagi seorang guru dan mahasiswa, karena kedepannya sistem pembelajaran sebagian besar menggunakan teknologi. 2) Para guru dapat mendapat ilmu baru cara mengevaluasi peserta didik dengan menggunakan aplikasi Quizizz yang menarik. 3) Para Guru dapat memberikan tugas kepada siswa melalui kelas online yaitu dalam bentuk google Classroom. 4) Dengan dengan adanya Aplikasi Quizizz Guru dapat melihat berapa persen soal dapat dikerjakan setiap peserta didik. Sebagai rekomendasi, pelatihan selanjutnya diharapkan menggunakan aplikasi offline, serta pelatihan selanjutnya diharapkan tidak menggunakan Handphone, karena belum semua siswa menggunakan HP di sekolah.References
Azis, A. A., Arifin, A. N., & Daud, F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Digital Ispring Bagi Guru Sekolah Menengah Kabupaten Gowa. Smart: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-8.
Hendriyanto. (2022). Digitalisasi Pendidikan Era Merdeka Belajar Melalui Pemanfaatan Tik Di Sekolah. Diunduh Dari Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Artikel/Detail/Digitalisasi-Pendidikan-Era-Merdeka-Belajar-Melalui-Pemanfaatan-Tik-Di-Sekolah# (Diakses, 25 September 2023).
Bertham, Y. H. (2020). Membuat Kuis Menggunakan Quizizz Untuk Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Diunduh Dari Https://Shorturl.At/Nzgj3 (Diakses, 25 September 2023).
Ilham, M., & Mz, I. U., & Renyaan, D.(2022). Era Digital: Influencer Dalam Sistem Politik Indonesia. Jurnal Ekologi Birokrasi, 10(1), 69-80.
Ilham, I., Muttaqin, U. I., & Idris, U. (2020). Pengembangan Bumkam Berbasis Potensi Lokal Di Kawasan Perbatasan Indonesia-Papua New Guinea. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 104-109.
Ilham, S. S. M. S. (2021). E-Governance. Deepublish.
Marsuki, M., Hidayah, H., Syaiful, A., Muhaemin, I. A., & Ilham, I. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office 365 Dalam Proses Pembelajaran. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1526-1533.
Marsuki, M., Saiful, A., Muhaemin, I. A., & Ilham, I. (2021). Pelatihan Penggunaan Fitur Google (Drive, Contact, Meet, Classroom, Dan Youtube) Bagi Guru Penjas Di Kota Jayapura. Transformasi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(3), 130-138.
Mursidin, M., Imran, M. C., Jusmaniar, N., Sulviana, S., Indahyanti, R., Nurjannah, S., ... & Renita, R. (2023). Penguatan Literasi Digital Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3165-3170.
Nabilah, D. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Aplikasi Gamifikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Rajab, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Smp Negeri 1 Takalar. Diunduh Dari
Renyaan, D. (2022). Digitalisasi Kios Sembako Masa Pandemi Covid-19 Di Pasar Kaget Koya Barat-Kota Jayapura, Papua. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 2(2), 1-9.
Putri, M. P., Susanti, D., & Hartati, E. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom Guna Efektivitas Pembelajaran Daring. Comvice: Journal Of Community Service, 5(2), 53-58.
Yunita, D. I. (2022). Efektivitas Kebijakan “Belajar Daring” Masa Pandemi Covid-19 Di Papua. Wawasan Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Marsuki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.