WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN CANVA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19000Keywords:
Guru, Presentasi, KreatifAbstract
Presentasi yang dilakukan oleh seorang guru harus mudah dimengerti, dipahami serta ilmu tersebut bisa digunakan oleh siswa/siswi dalam kehidupan sehari – hari maupun di dunia kerja atau juga di dunia wirausaha. Agar sebuah pembelajaran bisa dimengerti oleh siswa/siswi, maka diperlukan penguasaan materi yang baik serta media pembelajaran yang kreatif melalui teknologi informasi dan komunikasi. Namun, berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2021, menyebutkan bahwa 60 persen guru di Indonesia belum menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Terdapat kesenjangan kemampuan di antara para guru, siswa dan orang tua yang beragam serta jaringan internet yang belum merata di Indonesia, menjadi beberapa penyebab guru di Indonesia belum mampu menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hal ini juga yang dirasakan oleh para guru di SMA Negeri 22 Palembang. Kurangnya pengetahuan para guru tentang media pembelajaran yang kreatif dengan bantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi, membuat siswa/siswi di SMA Negeri 22 kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh para guru. Untuk menambah pengetahuan para tenaga pengajar di SMA Negeri 22 Palembang, Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech akan memberikan workshop atau pelatihan pembuatan media pembelajaran kreatif dengan menggunakan aplikasi Canva. Agar para guru di SMA Negeri 22 bisa memberikan materi yang mudah dipahami oleh siswa/siswi.References
Fitriani, F., Faisol, A., Wamiliana, W., Notiragayu, N., & ... (2022). Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMK Di Bandar Lampung. …, 3(3), 193–202. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.96
Hafid, A., Sudirman, S., Amran, M., & Magvira, M. (2022). Hubungan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD. Autentik?: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 166–173. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.201
M, I., Harpiani, S., & Iqbal. (2023). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(2), 735–744.
Makdori, Y. (2021, April). Kemendikbud sebut 60 Persen Guru Masih Terbatas Menguasai Teknologi Informasi. Diunduh dari: https://www.liputan6.com/news/read/4533328/kemendikbud-sebut-60-persen-guru-masih-terbatas-menguasai-teknologi-informasi. Diakses pada tanggal 08 Agustus 2023.
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817
Monawati., M., & Fauzi., F. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 33–43. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859
Sari, A. I. C., Rasam, F., & Karlina, E. (2022). Pengaruh Persepsi pada Kreativitas Guru dalam Penggunaan Media Belajar dan Iklim Sekolah terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi di SMK Swasta Jakarta Selatan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), 386–395. https://doi.org/10.30998/sap.v6i3.10502
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Fajar Ariwibowo, Intra Swadaya Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










