HYPNOLEARNING AS A WAY FOR FIRST-YEAR STUDENTS IN VOCATIONAL HIGH-SCHOOL TO LEARN ENGLISH GRAMMAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18787Keywords:
Hipnolearning, Motivasi, Tata BahasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas dari hypnolearning dalam belajar grammar dan motivasi siswa selama proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang melibatkan satu kelas siswa X di SMK 8 Makassar dengan menggunakan uji-t dependen (berpasangan). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes grammar dan kuesioner untuk data motivasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata pengetahuan tata bahasa siswa sebelum dan sesudah perlakuan yang dimana p-value 0,00 lebih kecil dari tingkat signifikan 0,05 (5%). Ini berarti bahwa hypnolearning efektif bagi siswa untuk belajar tata bahasa Inggris. Selain itu, motivasi siswa dalam belajar tata bahasa selama implementasi hypnolearning umumnya kuat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kepribadian dosen, penggunaan cerpen, visualisasi dan penyegaran.References
Acha, Hamzar. 2019. “PROGRESSING STUDENTS’MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH BY USING HYPNOSIS (HYPNOLEARNING) AT STUDENTS OF STAN 2 JILC PERINTIS MAKASSAR.” ETERNAL (English, Teaching, Learning, and Research Journal) 5(1):180–94.
Budiarso, Aris Singgih. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Hypnoteaching Untuk Memotivasi Siswa SMP Dalam Belajar IPA Pada Materi Energi Terbarukan.” Jurnal Pena Sains 3(2).
Fowler, William L. 1961. “Hypnosis and Learning.” International Journal of Clinical and Experimental Hypnosis 9(4):223–32.
Gardner, Robert C., and Wallace E. Lambert. 1972. “Attitudes and Motivation in Second-Language Learning.”
Jaya, Novian Triwidia. 2010. “Hypnoteaching Bukan Sekedar Mengajar.” Bekasi: D-Brain 18.
Krippner, Stanley. 1966. “The Use of Hypnosis with Elementary and Secondary School Children in a Summer Reading Clinic.” American Journal of Clinical Hypnosis 8(4):261–66.
Mills, Geoffrey E., and Lorraine R. Gay. 2019. Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. ERIC.
Uno, Hamzah B. 2008. “Teori Motivasi Dan Pengukurannya.” Jakarta: Bumi Aksara 11–54.
Yustisia, Nur. 2012. “Hypnoteaching: Seni Ajar Mengeksplorasi Otak Peserta Didik.” Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abd Halim, Nur Mutmainna Halim, Dian Fera Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.