GEMINTANG READY FOR STUNTING REDUCES: PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU BERBASIS DIGITAL PERSONAL BRANDING
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18749Keywords:
Stunting, Kader Posyandu, Posyandu Gemintang, Personal Branding, Tata Kelola Keuangan DigitalAbstract
Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia bahwa prevalensi stunting di Indonesia 21,6 persen di 2022. Angka ini belum mencapai standar dari WHO, yakni dengan kriteria kurang dari 20 persen. Kondisi ini membutuhkan dukungan dari Posyandu untuk terlibat dalam penurunan angka stunting, tidak terkecuali bagi Posyandu Gemintang yang berwilayah kerja di Desa Dersalam Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah. Masalahnya, Posyandu Gemintang memiliki kendala pada rendahnya jumlah kader aktif, literasi stunting, kecakapan kader dalam komunikasi, dan sikap proaktif kader. Merujuk pada fenomena yang terjadi, upaya peningkatan ketrampilan Para Kader dilakukan dengan pemanfaatan perangkat digital. Pendekatan digital diturunkan ke dalam integrasi pengelolaan sumber daya dan pemasaran jasa pada Kader Posyandu Gemintang. Usulan kegiatan program pemberdayaan masyarakat ini melalui: pemberikan pendampingan Personal Branding dengan menggunakan media sosial dan pembuatan konten kreatif. Adapun luaran dalam kegiatan pengabdian ini meliputi peningkatan ketrampilan Mitra untuk dapat memanfaatkan aplikasi digital dan media sosial sebagai alat dukung kerja untuk mencapai penurunan angka stunting.References
Bazarova, N. N., & Choi, Y. H. (2014). Self-disclosure in social media: Extending the functional approach to disclosure motivations and characteristics on social network sites. Journal of Communication, 64(4), 635–657. https://doi.org/10.1111/jcom.12106
Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. (2021). Profil Kesehatan Kabupaten Kudus 2020. Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, 204. https://dinkes.kuduskab.go.id/profil-dinkes-2020/
Dongmei Zha, Pantea Foroudi, T. C. M. and Z. J. (2022). Experiencing the sense of the brand: the mining, processing and application of brand data through sensory brand experiences. Qualitative Market Research: An International Journal, 25(2), 205–232. https://doi.org/10.1089/cyber.2011.0324
Indaryani, M., Lusianti, D., Mulyani, S., & Sumekar, K. (2021). Triple helix Concept: Developing The Weaving Village Based on Ecosystem Czonsiderations. Procedia Environmental Science, Engineering and Management, 8(4), 845–852.
Kemenkes, R. I. (2023). Kasus Stunting Indonesia 2022. https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/angka-stunting-tahun-2022
Kurniawan, N., & Gabriella, S. (2020). Personal Branding sebagai komodifikasi konten pada akun youtube rahmawati kekeyi putri cantika. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 02(01), 27–45.
Lusianti, D., Idznitia, D., & Naimi, A. (2022). Kesadaran Merek: Persepsi Kemanfaatan Dan Daya Tarik Promosi. Prosiding Seminar Nasional …, 76–83. https://conference.umk.ac.id/index.php/sndies/article/view/313%0Ahttps://conference.umk.ac.id/index.php/sndies/article/download/313/315
Lusianti, D., Subono, A., Lailyah, N., & Fahira, K. T. (2022). Membangun Loyalitas?: Relationship Marketing dan Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Prosiding Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Technology 2022, 5, 238–245.
Miqdam Makfi, M., Nurkhalid Al Ghazal, M., Uswatun Chasanah, A., Mukharrom, T., & Mu’allim, A. (2022). Visual Semiotics: Da’wah Delivery Solutions and Self-Akhlaq Guards in The Digital Age with Personal Branding. KnE Social Sciences, 2022(2), 142–151. https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11353
Mutmainah, S. (2022). Online Da ’ wah on Social Media?: Personal Branding of a Female Celebrity Preacher on Instagram. VI(1), 39–63.
Pashkov, P., & Pelykh, V. (2021). A conceptual framework of developing ecosystem strategies for digital financial services. CEUR Workshop Proceedings, 2919(Eekm), 48–58.
Prihandono, A. N. D. H. S. H. A. (2022). Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Deteksi Dini Pertumbuhan Bayi. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(1), 123–127.
Prihandono, W. W. C. F. M. H. A. (2023). Prediksi Stunting Pada Balita di Rumah Sakit Kota Semarang Menggunakan Naive Bayes. Jurnal Ilmu Komputer Dan Matematika, 32–36.
Rithmaya, C. L., & Yutanto, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Kader Posyandu Dalam Pengelolahan Database Manajemen Dan Keuangan Posyandu Balita Sakinah Rw 08 Gunung Anyar. Jurnal Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.14414/kedaymas.v2i1.2397
Salam, O. D. (2020). Personal Branding Digital Natives di Era Komunikasi Media Baru (Analisis Personal Branding di Media Sosial Instagram). Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(1), 19–30. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6070
Vardomatskya, L., Kuznetsova, V., & Plotnikov, V. (2021). The financial technologies transformation in the digital economy. E3S Web of Conferences, 244, 1–8. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202124410046
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mamik Indaryani, Dina Lusianti, Annisya Septanti, Dennyca Hendriyanto, Sudarsono Sudarsono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.