DAMPAK DARI BTS ATAS MENINGKATNYA PEMBELIAN DI MCDONALD’S
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18701Keywords:
BTS, BTS Meal, McDonald's, Ojek OnlineAbstract
BTS meal merupakan menu terbaru McDonald’s yang berkolaborasi dengan Boyband BTS yang berasal dari Korea Selatan, Strategi yang dibuat Oleh McDonald’s sangat membuat tingkat pembelian Mc’Donald meningkat tajam. Dalam hal ini dapat diakui McDonald’s sangat jeli melihat peluang keuntungan yang di dapatkan ketika berkolaborasi dengan BTS. Analisa ini terbukti dengan kerumunan para ojek online dan antrian DriveThru yang terus meningkat tanpa henti yang menyebabkan adaya pelanggaran mengenai Protokol Kesehatan sehingga adanya keterlibatan pihak kepolisian. Metode penelitian ini menggunakan kerangka teori Retorika ajakan menjalankan asumsi bahwa ketika kita membuka diri kita sendiri terhadap ide ide dengan bebas yang berbeda dari diri kita, kita memiliki banyak kesempatan untuk memahami. Teori Sonja Foss dan Karen Foss menyempurnakan teori retorika ajakan dengan membuat perbedaan secara jelas terhadap apa yang mereka namakan “mode-mode retorika yang berbeda” yaitu pola-pola percakapan yang berbeda dalam suatu budaya. Serta metode lainnya dengan menggunakan Sistematika Review, yaitu mengambil dan menavigasi dari berbagai referensi sumber seperti jurnal. Dari penulisan jurnal ini dapat disimpulkan bahwa BTS memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam mempengaruhi minat para penggemarnya, kepopuleritasan BTS dikalangan penggemarnya mempunyai dampak yang sangat berpengaruh mengajak dan meminta dukungan para penggemar menggerakan individual itu sendiri untuk selalu merespon dengan baik apapun yang berkaitan mengenai kolaborasinya dengan brand apapun.References
asumsi. (2021, april 20). Retrieved from Kolaborasi BTS dan McD, Siapa yang Diuntungkan?: https://asumsi.co/post/kolaborasi-bts-dan-mc-d-siapa-yang-diuntungkan
Damayanti, A. (2021, juny 10). detikFinance. Retrieved from Top! Donasi ARMY untuk Driver Ojol Hari Ini Tembus Rp 200 Juta.
Fauzia, M. (2021, juny 9). Kompas.com. Retrieved from Kolaborasi dengan BTS Lewat BTS Meal, McDonalds Untung Miliaran Rupiah: https://money.kompas.com/read/2021/06/09/162557326/kolaborasi-dengan-bts-lewat-bts-meal-mcdonalds-untung-miliaran-rupiah?page=all
kumparan. (2021, juny 10). Retrieved from BTS Dapat Rp 126,7 Miliar dari Penjualan Kolaborasi McDonald BTS Meal: https://kumparan.com/berita-bisnis/bts-dapat-rp-126-7-miliar-dari-penjualan-kolaborasi-mcdonald-bts-meal-1vuosYBCoHF/full
Risna Halidi, D. A. (2021, juny 8). Suara.com. Retrieved from Ini Alasan McDonald's Rilis Paket BTS Meal: https://www.suara.com/lifestyle/2021/06/08/151142/ini-alasan-mcdonalds-rilis-paket-bts-meal?page=all
Samyayogi, D. (2021, maret 30). matamatamuski.com. Retrieved from BTS: Semua Hal Yang Perlu Lo Tahu Tentang Tujuh Bangtan Boys: https://matamatamusik.com/bts/
STEPHEN W. LITTLEJOHN, K. A. (2014). TEORI KOMUNIASI Theorist of Human Communication. jakarta: Salemba Humanika.
Strategi McDonald's Pertahankan Bisnis di Kala Pandemi COVID-19. (2020, april 12). Retrieved from kumparan BISNIS: https://kumparan.com/kumparanbisnis/strategi-mcdonalds-pertahankan-bisnis-di-kala-pandemi-covid-19-1tEF5NXZ2uY/full
Tiofani, K. (2021, juny 9). Kompas.com. Retrieved from Mencoba BTS Meal yang Hits, Menu Kolaborasi McDonalds dan BTS: https://www.kompas.com/food/read/2021/06/09/151943675/mencoba-bts-meal-yang-hits-menu-kolaborasi-mcdonalds-dan-bts?page=all
Ulya, F. N. (2020, july 7). Kompas.com. Retrieved from Penjualan McDonald's Global Ambles 23,9 Persen Akibat Pandemi Covid-19: https://money.kompas.com/read/2020/07/29/064857226/penjualan-mcdonalds-global-ambles-239-persen-akibat-pandemi-covid-19?page=all
Ulya, F. N. (n.d.). Kompas.com.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fathinnaufal Eka Paksi, Zainal Abidin, Dadan Kurniansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.