DAMPAK DARI BTS ATAS MENINGKATNYA PEMBELIAN DI MCDONALD’S

Authors

  • Fathinnaufal Eka Paksi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Zainal Abidin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadan Kurniansyah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18701

Keywords:

BTS, BTS Meal, McDonald's, Ojek Online

Abstract

BTS meal merupakan menu terbaru McDonald’s yang berkolaborasi dengan Boyband BTS yang berasal dari Korea Selatan,  Strategi yang dibuat Oleh McDonald’s sangat membuat tingkat pembelian Mc’Donald meningkat tajam.  Dalam hal ini dapat diakui  McDonald’s sangat jeli melihat peluang keuntungan yang di dapatkan ketika berkolaborasi dengan BTS. Analisa ini terbukti dengan kerumunan para ojek online dan antrian DriveThru yang terus meningkat tanpa henti yang menyebabkan adaya pelanggaran mengenai Protokol Kesehatan sehingga adanya keterlibatan pihak kepolisian. Metode penelitian ini menggunakan kerangka teori Retorika ajakan menjalankan asumsi bahwa ketika kita membuka diri kita sendiri terhadap ide ide dengan bebas yang berbeda dari diri kita, kita memiliki banyak kesempatan untuk memahami. Teori Sonja Foss dan Karen Foss menyempurnakan teori retorika ajakan dengan membuat perbedaan secara jelas terhadap apa yang mereka namakan “mode-mode retorika yang berbeda” yaitu pola-pola percakapan yang berbeda dalam suatu budaya. Serta metode lainnya dengan menggunakan Sistematika Review, yaitu mengambil dan menavigasi dari berbagai referensi sumber seperti jurnal. Dari penulisan jurnal ini dapat disimpulkan bahwa BTS memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam mempengaruhi minat para penggemarnya, kepopuleritasan BTS dikalangan penggemarnya mempunyai dampak yang sangat berpengaruh mengajak dan meminta dukungan para penggemar menggerakan individual itu sendiri untuk selalu merespon dengan baik apapun yang berkaitan mengenai kolaborasinya dengan brand apapun.

References

asumsi. (2021, april 20). Retrieved from Kolaborasi BTS dan McD, Siapa yang Diuntungkan?: https://asumsi.co/post/kolaborasi-bts-dan-mc-d-siapa-yang-diuntungkan

Damayanti, A. (2021, juny 10). detikFinance. Retrieved from Top! Donasi ARMY untuk Driver Ojol Hari Ini Tembus Rp 200 Juta.

Fauzia, M. (2021, juny 9). Kompas.com. Retrieved from Kolaborasi dengan BTS Lewat BTS Meal, McDonalds Untung Miliaran Rupiah: https://money.kompas.com/read/2021/06/09/162557326/kolaborasi-dengan-bts-lewat-bts-meal-mcdonalds-untung-miliaran-rupiah?page=all

kumparan. (2021, juny 10). Retrieved from BTS Dapat Rp 126,7 Miliar dari Penjualan Kolaborasi McDonald BTS Meal: https://kumparan.com/berita-bisnis/bts-dapat-rp-126-7-miliar-dari-penjualan-kolaborasi-mcdonald-bts-meal-1vuosYBCoHF/full

Risna Halidi, D. A. (2021, juny 8). Suara.com. Retrieved from Ini Alasan McDonald's Rilis Paket BTS Meal: https://www.suara.com/lifestyle/2021/06/08/151142/ini-alasan-mcdonalds-rilis-paket-bts-meal?page=all

Samyayogi, D. (2021, maret 30). matamatamuski.com. Retrieved from BTS: Semua Hal Yang Perlu Lo Tahu Tentang Tujuh Bangtan Boys: https://matamatamusik.com/bts/

STEPHEN W. LITTLEJOHN, K. A. (2014). TEORI KOMUNIASI Theorist of Human Communication. jakarta: Salemba Humanika.

Strategi McDonald's Pertahankan Bisnis di Kala Pandemi COVID-19. (2020, april 12). Retrieved from kumparan BISNIS: https://kumparan.com/kumparanbisnis/strategi-mcdonalds-pertahankan-bisnis-di-kala-pandemi-covid-19-1tEF5NXZ2uY/full

Tiofani, K. (2021, juny 9). Kompas.com. Retrieved from Mencoba BTS Meal yang Hits, Menu Kolaborasi McDonalds dan BTS: https://www.kompas.com/food/read/2021/06/09/151943675/mencoba-bts-meal-yang-hits-menu-kolaborasi-mcdonalds-dan-bts?page=all

Ulya, F. N. (2020, july 7). Kompas.com. Retrieved from Penjualan McDonald's Global Ambles 23,9 Persen Akibat Pandemi Covid-19: https://money.kompas.com/read/2020/07/29/064857226/penjualan-mcdonalds-global-ambles-239-persen-akibat-pandemi-covid-19?page=all

Ulya, F. N. (n.d.). Kompas.com.

Downloads

Published

2023-09-17

How to Cite

Paksi, F. E. ., Abidin, Z. ., & Kurniansyah, D. (2023). DAMPAK DARI BTS ATAS MENINGKATNYA PEMBELIAN DI MCDONALD’S. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7397–7403. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18701

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.