ANALYSIS OF THE EFFECT OF GREEN PRODUCT KNOWLEDGE, GREEN TRUST AND GREEN PERCEIVED RISK ON PURCHASE INTENTION OF LE MINERALE GALLON PRODUCT CUSTOMERS

Authors

  • Frans Sudirjo Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Susanto Susanto STIE Bisnis Indonesia
  • Samsul Ikhbar STIE Bisnis Indonesia
  • Yulia Novita Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ghalib Suprianto Universitas Sulawesi Tenggara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18619

Keywords:

Eco-Recyclable, Ramah Lingkungan, Green Trust

Abstract

Sampah plastik seringkali menjadi permasalahan yang tidak ada habisnya. Di banyak kalangan, masih ada diskusi tentang bagaimana kemasan ramah lingkungan bisa didaur ulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli barang ramah lingkungan. Purposive sampling digunakan untuk menyebarkan sejumlah survei. PLS, atau partial least squares, adalah teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan studi ini menunjukkan bahwa persepsi risiko dan pengetahuan produk berhubungan langsung dengan kepercayaan ramah lingkungan. Niat membeli ramah lingkungan secara langsung dipengaruhi oleh pengetahuan dan kepercayaan produk ramah lingkungan. Pengetahuan produk ramah lingkungan dan risiko yang dirasakan terkait dengan niat untuk melakukan pembelian ramah lingkungan mungkin dipengaruhi secara tidak langsung oleh kepercayaan ramah lingkungan. Hasilnya adalah dunia usaha harus mengkomunikasikan dengan jelas kepada konsumen mengenai solusi yang diberikan oleh produk ramah lingkungan, melibatkan pelanggan dalam pembuatan tempat pengumpulan sampah, mengungkapkan hasil pengelolaan plastik, dan mengintegrasikan aspek sosial dan berorientasi keuntungan dalam operasi mereka.

References

Lumingkewas, C. S. (2016). Analisis Yuridis Pemaknaan Konsep Dalam Pasal 16 Undang-Undang Rumah Susun Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Arena Hukum, 9(3), 421-441.

Lumingkewas, C. S., Nimran, U., Raharjo, K., & Utami, H. N. (2019). Effect Of Job Insecurity To Organizational Commitment And Intention To Leave. Wacana Journal Of Social And Humanity Studies, 22(4).

Meisarah, F., Octiva, C. S., Sucipto, P. A., Satyaninrum, I. R., & Bakri, A. A. (2023). Improving Student Text Writing Ability By Utilizing The Use Of Augmented Reality Feature. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 129-134.

Kurniawati, H., Satyaninrum, I. R., Sayekti, S. P., & Rahmizar, P. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini Melalui Outbound Pada Siswa Ra Al-Ghifary. Literasi: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 1(2), 128-137.

Satyaninrum, I. R. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di Tkit Cahaya Ananda Depok. Genius: Indonesian Journal Of Early Childhood Education, 2(1), 15-30.

Raharjo, I. B., Ausat, A. M. A., Risdwiyanto, A., Gadzali, S. S., & Azzaakiyyah, H. K. (2023). Analysing The Relationship Between Entrepreneurship Education, Self-Efficacy, And Entrepreneurial Performance. Journal On Education, 5(4), 11566-11574.

Harahap, M. A. K., Sutrisno, S., Raharjo, I. B., Novianti, R., & Ausat, A. M. A. (2023). The Role Of Msmes In Improving The Economy In Ramadan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1907-1911.

Tannady, H., Assery, S., Nugraha, J. P., Arta, D. N. C., & Raharjo, I. B. (2022). Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Fintech Melalui Disiplin Dan Motivasi Kerja. Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej), 3(5), 3007-3016.

Raharjo, I. B., Tannady, H., Adinugroho, I., Kraugusteeliana, K., & Gultom, E. S. (2023). Analisis Peran Motivasi Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Pelaku Industri Kuliner Di Provinsi Dki Jakarta. Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej), 4(1), 616-623.

Raharjo, I. B. (2023). Nurturing Success: Unleashing Employee Motivation Through Leadership, Training, And Job Satisfaction. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 731-736.

Oetomo, D. S., Ramdhani, R. F., & Abdi, A. P. (2022). Penentuan Rute Pengiriman Produk Dengan Meminimalkan Biaya Transportasi Menggunakan Metode Saving Matrik Dan Nearest Neighbour Di Pt. Aisyah Berkah Utama. Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri, 22(1), 130-145.

Oetomo, D. S., & Ramdhani, R. F. (2021). Usulan Perbaikan Proses Bisnis Departemen J20 Di Pt Indorama Synthetics Tbk Dengan Menggunakan Metode Business Process Reengineering. Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 5(2), 63-71.

Pramudito, D. K., Arijanti, S., Rukmana, A. Y., Oetomo, D. S., & Kraugusteeliana, K. (2023). The Implementation Of End User Computing Satisfaction And Delone & Mclean Model To Analyze User Satisfaction Of M. Tix Application. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 5(3), 7-12.

Satiadharma, M. (2023). Peran Kewirausahaan Sosisal Dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sdgs). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 1(03), 226-235.

Yuniarti, A., & Muhtamar, A. (2022). Pengaruh Self Efficacy Dan Locus Of Control Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Telekomunikasi Sengkang. Seiko: Journal Of Management & Business, 4(3), 375-384.

Kardini, N. L., Elshifa, A., Adiawaty, S., & Wijayanti, T. C. (2023). The Role Of Quality Human Resources In Developing Missions Of Future Universities In Indonesian Higher Education. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 49-59.

Faliza, N., Setiawan, R., & Agustina, W. (2024). The Effect Of Leadership Effectiveness And Islamic Work Motivation On Organization Performance With Islamic Work Ethics As A Moderating Variable. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 409-425.

Ramli, A., Prastawa, S., Bashori, B., & Sudadi, S. (2023). Analysis Of The Role Of Organizational Commitment As Intervening Variable In The Relationship Between Organizational Citizenship Behavior, Organizational Climate And Teacher Performance. Journal On Education, 6(1), 6140-6146.

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Sudirjo, F. ., Susanto, S., Ikhbar, S. ., Novita, Y. ., & Suprianto, G. . (2023). ANALYSIS OF THE EFFECT OF GREEN PRODUCT KNOWLEDGE, GREEN TRUST AND GREEN PERCEIVED RISK ON PURCHASE INTENTION OF LE MINERALE GALLON PRODUCT CUSTOMERS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7009–7014. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18619

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.