LAYANAN ADMINISTRASI BERBASIS SMART CITIES AND INNOVATION DEVELOPMENT

Authors

  • Bagus Ananda Kurniawan Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Samuel Indrayana Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Anisa Kurniatul Azizah Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Fatma Indrawati Universitas Bhayangkara Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18444

Keywords:

PT Citi Asia Internasional, Smart City Analyst, Magang Bersertifikat

Abstract

PT Citi Asia Internasional (Citiasia Inc.) merupakan sebuah perusahaan konsultan manajemen dan pembangunan smart city yang memiliki visi untuk mendukung kemajuan pembangunan di Indonesia melalui Gerakan Indonesia Smart Nation yang telah digagas sejak tahun 2015 yang dijalankan oleh lini strategisnya Citiasia Center for Smart Nation (CCSN). Untuk mewujudkan hal tersebut, Citiasia Inc. membangun kemitraan dan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dari pihak kementerian dan lembaga pemerintahan, serta organisasi internasional dan pemerintah daerah di Indonesia. Pada program pengabdian kepada masyarakat ini PT Citiasia inc mengembangkan program Smart Cities & Smart enterprises: Solution & Innovation Development  yang dirancang untuk melibatkan para mahasiswa dalam mengaplikasikan kompetensinya dengan berpartisipasi dalam mengembangkan solusi dan menyelesaikan permasalahan perkotaan melalui pengembangan riset dan inovasi pintar yang dapat dimanfaatkan oleh organisasi daerah maupun badan usaha di Indonesia, pada kesempatan tersebut penulis bergabung program Pengabdian Kepada Masyarakat dengan PT Citiasia Inc menjadi intern Smart City Analyst yang di tugaskan untuk penyusunan Masterplan Smart City, Penyusunan paper dan Project lain perusahaan. Penulis telah menjalankan program pengabdian kepada masyarakat selama 20 minggu, di mana durasi waktu yang ditetapkan adalah mulai dari 8 Februari hingga 31 mei 2023. Selama 5 bulan tersebut, penulis mendapat beberapa soft skills, antara lain Analytical Skills, Time Managemen, Komunikasi, menulis paper, kerja sama tim, manajemen waktu, tanggung jawab, etika profesi, Terlibat dalam mengorganisir, mengarahkan, dan mengimplementasikan projek sesuai dengan waktu dan kualitas yang telah direncanakan.  

References

Wiwin.P, Ismini, 2014, “Konsep Smart City dan Pengembangan Pariwisata di Kota Malang”, Jurnal JIBEKA, Volume 8, No 1, Halaman 65, Malang.

Hani.N, 2012, “Sistem Informasi Profil Daerah Kabupaten Sidoarjo Berbasis Web”, Malang. Muliarto.H, 2015,“Konsep Smart City Mobility”, http://www.academia.edu, 5 juli 2017.

Cahyanto,2017,”Konsep Smart City dan Smart Village”, http//www.academia.edu, 5 juli 2017.

Al Fatta.H, 2007., “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern”, Andi Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Kurniawan, B. A. ., Indrayana, S. ., Azizah, A. K. ., & Indrawati, F. . (2023). LAYANAN ADMINISTRASI BERBASIS SMART CITIES AND INNOVATION DEVELOPMENT . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6872–6877. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18444

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.