PENDAMPINGAN MENULIS CERPEN DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA MELALUI PROGRAM KLUB LITERASI SEKOLAH

Authors

  • Yinka Kerina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Loliek Kania Atmaja Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eli Rustinar Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18392

Keywords:

Pendampingan, Menulis, Cerpen

Abstract

Menulis adalah sebuah kepandaian yang sangat penting untuk diajarkan sejak usia dini. Saat ini kecakapan  dalam menulis menjadi sebuah hambatan  bagi guru dan siswa. Hal ini dikarenakan keinginan membaca yang sangat minim. Maka dari itu program ini untuk meningkatkan minat serta mengembangkan literasi berbasis cerita pendek siswa dengan dibentuknya Klub Literasi Sekolah. Kegiatan Magang Bersertifikat  ini berlangsung dari bulan Februari 2023 hingga Juni 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan kumpulan cerita pendek SMAN 1 Bengkulu Utara. Kegiatan tersebut diikuti 20 Siswa, 1 Mahasiswa Pendamping, 1 Guru Pembina dari SMAN 1 Bengkulu Utara. Pencapaian  kegiatan ini terbitnya karya tulis cerita pendek bercirikhas. Pencapaian hasil tulisan siswa berjudul Antologi Cerpen Sealove. Kegiatan terakhir tidak cukup mengcover semuanya, siswa dapat meningkatkannya dengan cara latihan selalu agar terasah kemampuannya sehingga siswa dapat meningkatkan skilnya dalam pemilihan kata kiasan yang menginspirasi. kemampuan siswa tentu tak sama dalam menuangkan pikirannya kedalam tulisan sehingga guru mampu mengakomodasikan berbagai kemampuan tersebut dan menjadi wadah siswa menuangkan karyanya sehingga siswa lebih terarah dan bersemangat ketika karya tulis cerita pendek siswa dapat dibukukan secara resmi

References

SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Language (SEAQIL) Buku Panduan Klub Literasi Sekolah 2022 Untuk Perguruan Tinggi dan Mahasiswa.

Supriyadi, H., Rustinar, E., Elyusra, E., Sakroni, S., & Hakim, M. (2022). Pendampingan Meningkatkan Minat Literasi Sastra Puisi Siswa Melalui Program Klub Literasi Sekolah. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(08), 1036-1044.

Agustin, S., & Cahyono, B. E. H. (2017). Gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan budaya baca di SMA Negeri 1 Geger. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 1(2), 55-62.

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(2), 14.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.

Dewi, A. R., & Mulyadi, Y. PENGUATAN LITERASI MELALUI KLUB LITERASI SEKOLAH UNTUK PEMINATAN KARYA SASTRA DI SMA. Dimasatra, 2(2).

Rejo, U., & Kharisma, G. I. (2021). Efektivitas Metode Mind Mapping dalam Penulisan Kreatif Teks Cerita Pendek di SMP Negeri Kota Baru Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 52-60.

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230-238.

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi

Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Kerina, Y. ., Atmaja, L. K. ., & Rustinar, E. . (2023). PENDAMPINGAN MENULIS CERPEN DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA MELALUI PROGRAM KLUB LITERASI SEKOLAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6721–6726. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18392