PENERAPAN STUDI EKSPLORATIF YANG MEMENGARUHI EFEKTIFITAS ANAK UNTUK MENINGKATKAN ZONA BELAJAR DIDESA KEDUNGDALEM

Authors

  • Tri Prihatiningsih Universitas Panca Marga
  • Rosalina Agustin Universitas Panca Marga
  • Wahyu Prayoga Sugiarto Universitas Panca Marga
  • Laila Fitriana Universitas Panca Marga
  • Fila Anjaksana Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18296

Keywords:

Media Pembelajaran, Studi Eksploratif, Zona Belajar.

Abstract

Pendampingan zona belajar anak usia dini oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata  Universitas Panca Marga menggunakaan tema studi eksploratif telah berjalan secara efektif. di butuhkan konsep pengajaran atau pembelajaran kreativitas anak usia dini yang dibimbing langsung oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Panca Marga Desa Kedungdalem didasarkan dengan permasalahan yang ada. Dalam proses pembuatan media pembelajaran yang telah diberikan dan di terapkan kepada anak usia dini Desa Kedungdalem. Metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah Metode studi eksploratif (melakukan observasi langsung), diskusi (wawancara pada masyarakat setempat dan guru SD Negeri Kedungdalem), pengarahan (menyusun konsep strategi pembelajaran), dan pemberian pendampingan langsung. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah 1. untuk mencapai anak belajar bersama dengan teman sebayanya, 2. Membantu anak untuk dapat memudahkan pembahasan pembelajaran melalui media pembelajaran yang menarik,3. Dengan adanya media kreativitas dapat meningkatkan minat belajar pada anak usia dini desa kedungdalem, 4. Dengan adanya mading/kreativitas dapat menambahkan informasi tentang pembelajaran dan mengetahui hasil pembelajaran kreativitas yang di lakukan. Penyebaran informasi diadakan di Desa Kedungdalem sebagai bentuk pelaksanaan posko bantuan informasi Desa Kedungdalem.

References

Abdullah, B. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas X Tingkat Sma Pada Materi Sistem Persamaan Linier.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Fitria Pramesti. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 283-287.Hergenhahn, B. R., & Olson, H. (2015).Theories Of Learning. Jakarta: Kencana.

Laily, N & Matulessy, A. 2004. Pola Komunikasi Masalah Seksual Antara Orangtua Dan Anak. Jurnal Psikologi Vol 19 No 2: 194-205

Susanto Ahmad, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini, Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta:Kencana Prenada Media Group

Given, Lisa M (2008) The Sage Encyclopedia Of Qualitative Research Methods, Los Angeles, Sage.

Jupp, Victor (Ed) (2006) The Sage Dictionary Of Social Research Methods, London, Sage.

Martono, Nanang. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ardial, 2014. Paradigma Dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara

Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(1), 65-74.

Downloads

Published

2023-08-29

How to Cite

Prihatiningsih, T. ., Agustin, R. ., Sugiarto, W. P. ., Fitriana, L. ., & Anjaksana, F. . (2023). PENERAPAN STUDI EKSPLORATIF YANG MEMENGARUHI EFEKTIFITAS ANAK UNTUK MENINGKATKAN ZONA BELAJAR DIDESA KEDUNGDALEM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6686–6691. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18296