DISEMINASI SOCIAL MEDIA MARKETING BAGI COFFEE SHOP DI DESA TAMANSARI, LICIN, BANYUWANGI

Authors

  • Mochammad Anshori ITSK RS. dr. Soepraoen
  • M. Syauqi Haris ITSK RS. dr. Soepraoen
  • Risqy Siwi Pradini ITSK RS. dr. Soepraoen

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18212

Keywords:

Pemasaran Media Sosial, Kedai Kopi, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pemilik coffee shop di Tamansari, Banyuwangi, dalam menggunakan media sosial untuk pemasaran. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan dan pengelolaan akun media sosial, serta strategi pemasaran digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para pemilik coffee shop telah memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya media sosial untuk pemasaran. Namun, masih banyak yang perlu ditingkatkan dalam hal teknis pembuatan dan pengelolaan akun, serta strategi pemasaran digital. Melalui kegiatan ini, diharapkan para pemilik coffee shop dapat meningkatkan visibilitas dan daya saing bisnis mereka melalui media sosial. Berdasarkan hasil statistik dengan regresi linier terhadap pre dan pos tes, didapatkan nilai korelasi koefisien = 0,876457 yang berarti memiliki korelasi positif kuat. Presentase keberhasilan kegiatan ini sebesar 76,8% yang didapatkann dari nilai R square. Sedangkan nilai significance F = 0,000876, memiliki makna bahwa kegiatan diseminasi ini memiliki pengaruh secara signifikan karena nilai tersebut lebih dari batas ambang 0,05

References

Amrihani, Haresti Asysy, And Rajab Ritonga. 2021. “Nikmat Kopi Dan Budaya Konsumerisme Dalam Status Sosial Masyarakat Kota.” Warta Iski 4(2):89–98. Doi: 10.25008/Wartaiski.V4i2.133.

Anggita, Dewi, Soetriono Soetriono, And Ati Kusmiati. 2018. “Analisis Faktor Produksi Dan Strategi Pengembangan Usahatani Kopi Rakyat Di Desa Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi.” Agrika 12(2):118–32.

Arul, Kang. 2017. “Social Media Marketing.” 2007891(47).

Bahari, Jon Iskandar. 2020. “Mewujudkan Pengembangan Masyarakat Melalui Optimalisasi Pengolahan, Pengemasan, Dan Pemasaran Kopi Di Desa Pakel Kecamatan Licin Banyuwangi.” Abdi Kami 3(2):201–11. Doi:

Https://Doi.Org/10.29062/Abdi_Kami.V3i1.313.

Herlyana, Elly. 2012. “Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda.”

Thaqafiyyat?: Jurnal Bahasa, Peradaban Dan Informasi Islam 13(1):188–204.

Juliani, Devi. 2021. “Jupiis?: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Warung Kopi Sebagai Ruang Publik Dari Masa Ke Masa Di Kota Medan Coffee Shop From Time To Time As A Public Sphere In Medan.” Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 13(1):10–19. Doi: Https://Doi.Org/10.24114/Jupiis.V13i1.18639.

Nurussofiah, Febi Fatlika, Ummul Karimah, Siti Khodijah, And Ulil Hidayah. 2022. “Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran.” Development:

Journal Of Community Engagement 1(2):127–43. Doi: Https://Doi.Org/10.46773/Djce.V1i2.329. Oktarina, Nina, And Joko Widodo. 2019. “Penguatan Umkm Melalui Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Jangkauan Pemasaran Di Kecamatan Toroh Purwodadi.” Jurnal

Abdimas 23(2):170–74. Doi: Https://Doi.Org/10.15294/Abdimas.V23i2.17952.

Olifia, Sandra, Solten Rajagukguk, And Astri Ananda. 2022. “Makna Kedai Kopi Sebagai Ruang Publik Di Kalangan Remaja.” Ikon Jurnal Ilmu Komunikasi 2022 Xxvii(3):251–66.

Puspa, Ratih, And Nila Yani Hardiyanti. 2021. “Coffee Culture Di Indonesia?: Pola Konsumsi Konsumen Pengunjung Kafe, Kedai Kopi Dan Warung Kopi Di Gresik.” Jurnal Media Dan Komunikasi 2(1):26. Doi: 10.20473/Medkom.V2i1.26380.

Rossi, Maellinda, Dyah Ethika, And Indah Widyarini. 2021. “Analisis Kepuasan Konsumen Kopi Pada Kedai Kopi Di Wilayah Purwokerto.” Jurnal

Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis 5(3):878–91. Doi: Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jepa.2021.005.03.25.

Siagian, Ade Onny, Rini Martiwi, And Natal Indra. 2020. “Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 3(3):44–51. Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.32493/Jpkpk.V3i3.4497.

Yugantara, Profil, Rachmad K. Dwi Susilo, And Sulismadi Sulismadi. 2021. “Gaya Hidup Ngopi Sebagai Perilaku Konsumsi.” Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 4(1):126–37. Doi: 10.31538/Almada.V4i1.1096.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Anshori, M. ., Haris, M. S. ., & Siwi Pradini, R. (2023). DISEMINASI SOCIAL MEDIA MARKETING BAGI COFFEE SHOP DI DESA TAMANSARI, LICIN, BANYUWANGI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9452–9457. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18212

Similar Articles

<< < 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.