SOSIALISASI TEKNOLOGI ROBOT DALAM MENINGKATKAN LITERASI TEKNOLOGI PADA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18106Keywords:
Sosialisasi, Teknologi, Robotik, Literasi TeknologiAbstract
Teknologi robot telah menjadi bagian integral kehidupan modern, dan literasi teknologi menjadi penting dalam memahami dan berinteraksi dengan dunia yang semakin terhubung dan canggih. Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana sosialisasi teknologi robot di lingkungan pendidikan dapat berkontribusi pada peningkatan literasi teknologi pada peserta didik. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di SDN 2 Teras Bendung, Desa Kamaruton, Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang, Banten. Metode yang digunakan pada kegiatan ini survey lapangan, wawancara dengan guru dan kepala sekolah, persiapan, sosialisasi, dan analisis konten kegiatan sosialisasi robotik yang diimplementasikan dalam lingkungan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi teknologi robot melalui pendidikan berdampak positif pada literasi teknologi peserta didik. Partisipasi aktif dalam kegiatan pembuatan dan pemrograman robot mengaktifkan keterampilan kognitif, pemecahan masalah, dan kreativitas. Interaksi langsung dengan teknologi robot mendorong pemahaman mendalam tentang prinsip teknologi dan konsep pemrograman. Peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi dalam konteks teknologi. Kesimpulannya, sosialisasi teknologi robot dalam lingkungan pendidikan efektif meningkatkan literasi teknologi peserta didik. Dengan mengintegrasikan kegiatan robotik pada kurikulum, sekolah dapat membantu peserta didik mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang teknologi, mempersiapkan generasi muda untuk mengehadapi tantangan dunia teknologi modern, dan memungkinkan berpartisipasi aktif dalam masyarakat yang semakin terhubung secara teknologi. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengidentifikasi metode terbaik dalam mengintegrasikan sosialisasi teknologi robotik dalam konteks pendidikan untuk hasil yang optimal.References
Adiansah, W., Setiawan, E., Kodaruddin, W. N., & Wibowo, H. (2019). Person in Environment Remaja Pada Era Revolusi Industri 4 . 0. Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 47–60. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23118
Al, M. D. B. (2023). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(3), 274–301. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i3.272
Azizah, M. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pola Komunikasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Jurnal Sosiologi Nusantara, 6(1), 45–54. https://doi.org/doi.org/10.33369/jsn.5.1.45-54
Benitti, F. B. V. (2012). Computers & Education Exploring the educational potential of robotics in schools?: A systematic review. Computers & Education, 58(3), 978–988. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.10.006
Bers, M. U., Seddighin, S., & Sullivan, A. (2013). Ready for Robotics?: Bringing Together the T and E of STEM in Early Childhood Teacher Education. Jl. of Technology and Teacher Education, 21(3), 355–377. https://www.learntechlib.org/primary/p/41987/.
Budiyanto, C. W., Amri, S., Yuana, R. A., Widiastuti, I., & Harjunowibowo, D. (2023). Integrasi Computational Thinking Menggunakan Lego Robotika pada Pembelajaran Pemrograman. DEDIKASI?: Community Service Reports, 5(January), 36–46. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/dedikasi.v5i1.66483
Cholish, Siagian, S. M., Abdullah, Pardede, S., Chrisna, S., Tampubolon, F. R., & Gunoro. (2023). PKM Pelatihan dan Penerapan Pembelajaran Robotika Siswa di SD Muhammadiyah 27 Medan Kec . Medan Perjuangan Kota Medan. Abdi Sabha (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.53695/jas.v4i2.882
Faridawati, Minarto, E., Wati, I. I., Sutrisno, & Hakim, L. (2020). Pembelajaran Robotik untuk Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. SPEKTA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat?: Teknologi Dan Aplikasi, 1(2), 85–92. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/spekta.v1i2.2826
Febrianto, T., & Susilo, N. (2014). Fasilitas Teknologi Robotika di Kota Surabaya. Jurnal EDimensi Arsitektur, II(1), 23–29. https://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-arsitektur/article/view/1639
Fuada, S., Hendriyana, Majid, N. W. A., Sari, N. T. A., Isnawan, O. A. R., Zahra, Z. N., Danuarteu, M. D., Agustin, S., & Andriyani, D. D. (2022). Transfer Knowledge Robot Sederhana untuk Mengenalkan Teknologi Robot Bagi Anak-Anak di Dusun Galingan, Boreng, Lumajang, Jawa Timur. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 111–130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2161
Handayani, A. N., Lestari, D., Sendari, S., & Fadlika, I. (2020). Pelatihan Robot Edu Bagi Siswa SDN Sumbersuko di Desa Sumbersuko Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Ilmu Komputer Untuk Masyarakat, 1(1), 11–14. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/ilkomas.v1i1.770
Hanik, E. U., Ulfa, M., Harfiyani, Z., Septiyani, F., Sabila, N., & Halimah, N. (2021). PEMBELAJARAN BERBASIS STEM MELALUI MEDIA ROBOTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA ABAD 21 SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR ( SIKL ). 1st ICIE: International Conference on Islamic Education, 1, 83–96. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE%0APEMBELAJARAN
Karim, A. (2014). Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Fikrah, 2(1), 273–289. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v2i2.563
Leotman, B. D., Syaka, D. R. B., & Priyono. (2016). Pengembangan Robot Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Ekstrakulikuler Robotik Studi Kasus SMP Almuslim Bekasi. Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional, 2(2), 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPTV.2.2.4 PENGEMBANGAN
Miselina, R., & Muhid, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD Elementary School Students. JPDN: Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 136–146. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14555
Mukti, A. B. S., Felixia, P. A. I., & Dewantoro, G. (2022). Ekstrakurikuler Robotika?: Sarana Pengembangan Minat dan Bakat Siswa SD Negeri 02 Salatiga. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 03(01), 65–75. https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/7772
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Nurasih, W. (2019). Social Humanoid Robot dan Pengembangan Karakter Sosial Qurani Manusia. Raushan Fikr, 8(2), 217–234. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jimrf.v8i2.3063
Nyholm, S., & Smids, J. (2019). Can a Robot Be a Good Colleague? Science and Engineering Ethics, 26(21). https://doi.org/10.1007/s11948-019-00172-6
Sambuaga, R. C., Gosal, P. H., & Takumansang, E. D. (2022). ROBOTIC EXPLORER DI MANADO Futuristic Architecure. Jurnal Arsitektur DASENG, 11(1), 10–20. https://doi.org/https://doi.org/10.35793/daseng.v11i1.43253
Saputra, A. (2020). PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI: TANTANGAN DAN KESEMPATAN Anri Saputra. 3(1).
Uddin, N., Jaya, S., & Purwandaru, P. (2020). MATAPPA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 100–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31100/matappa.v3i2.646
Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2014). Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiolog, 3(1), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jas.v3i1.17444
Yoga, S. (2018). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Al-Bayan, 24(1), 29–46. https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175
Zviel-girshin, R. (2020). Robotics as a Tool to Enhance Technological Thinking in Early Childhood. Journal of Science Education and Technology, 29(1), 294–302. https://doi.org/10.1007/s10956-020-09815-x
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Munawir, Syarifah Aini, Halimatus Sa’diyah, Laksmi Evasufi Widi Fajari, Rahmad Ridho Zaelani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.