PERAN DIGITALISASI DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT (STUDI DI DESA SUMBERREJO KECAMATAN BATANGHARI, KABUPATEN LAMPUNG TIMUR)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17457Keywords:
Digitalisasi, Ekonomi Kreatif, MasyarakatAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat telah dilakukan dengan baik dan berjalan dengan lancar karena adanya kerjasama dengan para pengusaha di desa sumberrejo. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi monitoring, evaluasi.dan pendampingan. Selain itu, beberapa jenis usaha yang dilakukan oleh warga desa dengan menerapkan akses digital melalui media sosial, salah satunya menggunakan media facebook, instagram, live shopee, youtube dan akun bisnis WhatsAap. Media-media ini menjadi platform masyarakat desa sumberrejo dalam meningkatkan hasil penjualan dan promosi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ini memunculkan ide pemasaran usaha sebagai bagian ekonomi kreatif di desa sumberrejo, manfaat lain untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dari hasil usaha yang dijalankan.References
Ambar Teguh Sulistiyani. (2004). Kemitraan dan Model-model Pemberdayaan, Yogyakarta: Gava Media.
Arif Ismunanadar. (2023). Meretas Nilai Ekonomi Masyarakat melalui BUMDES (Studi Kasus di Desa Telogorejo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur), Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Malikussaleh, Vol. 6 (1), 2023. DOI: https://doi.org/10.29103/jimfh.v6i1.10435
Buchari Alma. (2009). Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.
Hassan Hanafi. (2003). Dari Akida Ke Revolusi Sikap Kita terhadap Tradisi Lama, Jakarta: Dian Rakyat.
Kasmir. (2014). Kewirausahaan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, (2021). Terjaganya Pertumbuhan Ekonomi dan Terkendalinya Pandemi Covid-19 Menjadi Bukti Tepatnya Kebijakan dan Program Pemerintah, dalam https://ekon.go.id/publikasi/detail/3388/terjaganya-pertumbuhan-ekonomi-dan-terkendalinya-pandemi-covid-19-menjadi-bukti-tepatnya-kebijakan-dan-program-pemerintah, Diakses Tanggal 10 Juni 2023.
Kusnandar. (2013). Perspektif Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Komoditas Pertanian di Pedesaan In Seminar Nasional “Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Komoditas Pertanian di Indonesia”. Surakarta: Fakultas Pertanian, Universitas Negri Sebelas Maret.
Mardalis. (1999). Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.
Media Indonesia, 140 Juta Pengguna Media Sosial di Indonesia Aktif Selama Pandemi, sumber https://mediaindonesia.com/humaniora/386622/140-juta-pengguna-media-sosial-di-indonesia-aktif-selama-pandemi, Diakses Tanggal 10 Juni 2023.
Oos M. Anwar. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Pada Era Globalisasi, Bandung: Alfabeta.
Ulber Silalahi. (2010). Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT. Refika Aditama.
Saiman, L. (2014). Kewirausahaan: Teori Praktik dan Kasus-kasus (Ed. 2) Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arif Ismunandar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.