INTERPERSONAL COMMUNICATION SKILLS FOR EMPLOYEES OF THE REGIONAL GENERAL HOSPITAL (RSUD) OF KUBU RAYA REGENCY

Authors

  • Netty Herawaty Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17016

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Pelayanan, Evaluasi Komunikasi

Abstract

Sejak pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir 2 tahun ini, setiap manusia sepertinya akan merasakan pentingnya upaya kesehatan yang dilakukan dan yang diterima seperti pelayanan baik dari faskes pertama hingga rumah sakit. Berbicara terkait pelayanan kesehatan, bukan hanya tenaga medis namun pelayanan yang diberikan oleh sebuah rumah sakit. Rumah Sakit Umum Daerah yang dimiliki oleh Kabupaten Kuburaya termasuk rumah sakit yang baru beroperasi dalam memberikan pelayanan kesehatan. Maka dari itu dirasa perlu untuk mengembangkan Interpersonal Skill dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Oleh karenanya, PKM ini bertujuan untuk memberikan materi, pengalaman hingga praktik langsung terkait Interpersonal Skill tersebut. Kegiatan PKM ini diharapkan mampu menyasar pelayanan prima Rumah Sakit yang akan diberikan oleh karyawan RS untuk memenuhi/bahkan melampaui harapan pengguna jasa rumah sakit. Dimana harapan ini ditentukan oleh pengalaman masa lalu terhadap jasa atau produk yang pernah digunakan, Informasi layanan yang diterima dari berbagai sumber atau janji-janji dan faktor internal dari pengguna jasa yaitu dari pengguna jasa rumah sakit sendiri.Sasaran dari PKM ini adalah staf manajemen dan juga tenaga medis RSUD Kabupaten Kuburaya. Adapun evaluasi PKM ini dilakukan dengan melihat partisipasi peserta pelatihan dan juga melalui evaluasi kegiatan dengan tim PKM.

References

Agustin, D. (2018). Desain booth display ramah lingkungan untuk pemasaran produk olahan hasil tambak. Jurnal Envirotek, 10(1). https://doi.org/10.33005/envirotek.v10i1.1168

Alexander, Cangara H. 2018. Komunikasi Lingkungan. Jakarta: PRENADA Media Group.

Alo. 2007. Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Cutlip, SM., Allen, HC.1978. Effective Public Relations. Englewood Cliff Jersey: Prentice Hal inc.

Hendri Ezi. 2019. Komunikasi Persuasif. Bangung: PT Remaja Rosdakarya.

Humaizi, 2018. Uses and Gratifications Theory. USU Pers: Medan

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Herawaty, N. . (2023). INTERPERSONAL COMMUNICATION SKILLS FOR EMPLOYEES OF THE REGIONAL GENERAL HOSPITAL (RSUD) OF KUBU RAYA REGENCY. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5488–5494. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17016

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.