PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU SMAN 1 TALANG UBI MELALUI SOSIALISASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16889Keywords:
Asesmen Nasional, AKM, Sosialisasi, WorkshopAbstract
Pemerintah mengambil kebijakan mengganti Ujian Nasional dengan Asesmen Nasional yang di dalamnya memuat Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKM merupakan hal yang tidak familiar di bagi guru oleh karena itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan serta mengembangkan pemahaman guru dalam mengimplementasikan AKM pada pembelajaran. Metode dalam PkM ini adalah sosialisasi dan workshop penyusunan soal AKM yang dilaksanakan dalam empat sesi. Instumen yang menjadi acuan kegiatan ini adalah soal dengan 15 pertanyaan untuk mengukur pahaman guru terkait AKM. Subjek pada kegiatn PkM ini sebanyak 19 guru di SMAN 1 Talang Ubi. Hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan pemahaman peserta PkM adalah sebesar 0,5 dan termasuk dalam kategori N-gain sedang. Sedangkan untuk tahap implementasi soal AKM yang didesain oleh guru, semua siswa masih mendapakan nilai dibawah KKM (70). Kegiatan PkM ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan agar peserta lebih menguasai materi yang diberikan sehingga hasil implementasi menjadi lebih baik lagi.References
Anas, M., Muchson, M., Sugiono, & Forijati, R. (2021). Pengembangan kemampuan guru ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48-57. Retrieved from https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Rengganis/article/view/28/17
Archambault, J. (2008). The Effect of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic problem Solving Techniques Action Research Required for the Master of Natural Science degree with concentration in physics. Arizona State University.
Ditpsd. (2023, 03 20). Artikel detail apa itu literasi dan numerasi. Retrieved from ditpsd kemdikbud: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/apa-itu-literasi-dan-numerasi#
Fauziah, A., Fitriani, E., & Sobari, D. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550-1558. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/608/pdf
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Melansari, O. (2021, 08 25). literasi membaca dalam pembelajaran dan asesmen kompetensi minimum. Retrieved from lpmpdki kemdikbud: https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/literasi-membaca-dalam-pembelajaran-dan-asesmen-kompetensi-minimum/
Meriana, T., & Murniarti, E. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110-116. doi:https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.7
Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/14993/6810
Sariningsih, R., Kadarisma, G., & Ghiyat, M. (2022). PKM: Pelatihan Penyusunan Soal AKM bagi Guru di Kabupaten Pangandaran. Abdimas Siliwangi, 5(2), 357-366. doi:http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i2.10376
SMP, A. (2021, 04 01). Asesmen Kompetensi Minimum sebagai Bagian dari Asesmen Nasional 2021. Retrieved from DitSMP Kemdikbud: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/asesmen-kompetensi-minimum-sebagai-bagian-dari-asesmen-nasional-2021/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nila Kesumawati, Putri Fitriasari, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Jumroh Jumroh, Ety Septiati, Eka Fitri Puspa Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.