PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU SMAN 1 TALANG UBI MELALUI SOSIALISASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)

Authors

  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang
  • Putri Fitriasari Universitas PGRI Palembang
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang
  • Jumroh Jumroh Universitas PGRI Palembang
  • Ety Septiati Universitas PGRI Palembang
  • Eka Fitri Puspa Sari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16889

Keywords:

Asesmen Nasional, AKM, Sosialisasi, Workshop

Abstract

Pemerintah mengambil kebijakan mengganti Ujian Nasional dengan Asesmen Nasional yang di dalamnya memuat Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKM merupakan hal yang tidak familiar di bagi guru oleh karena itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan serta mengembangkan pemahaman guru dalam mengimplementasikan AKM pada pembelajaran. Metode dalam PkM ini adalah sosialisasi dan workshop penyusunan soal AKM yang dilaksanakan dalam empat sesi. Instumen yang menjadi acuan kegiatan ini adalah soal dengan 15 pertanyaan untuk mengukur pahaman guru terkait AKM. Subjek pada kegiatn PkM ini sebanyak 19 guru di SMAN 1 Talang Ubi. Hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan pemahaman peserta PkM adalah sebesar 0,5 dan termasuk dalam kategori N-gain sedang. Sedangkan untuk tahap implementasi soal AKM yang didesain oleh guru, semua siswa masih mendapakan nilai dibawah KKM (70). Kegiatan PkM ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan agar peserta lebih menguasai materi yang diberikan sehingga hasil implementasi menjadi lebih baik lagi.

References

Anas, M., Muchson, M., Sugiono, & Forijati, R. (2021). Pengembangan kemampuan guru ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48-57. Retrieved from https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Rengganis/article/view/28/17

Archambault, J. (2008). The Effect of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic problem Solving Techniques Action Research Required for the Master of Natural Science degree with concentration in physics. Arizona State University.

Ditpsd. (2023, 03 20). Artikel detail apa itu literasi dan numerasi. Retrieved from ditpsd kemdikbud: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/apa-itu-literasi-dan-numerasi#

Fauziah, A., Fitriani, E., & Sobari, D. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550-1558. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/608/pdf

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Melansari, O. (2021, 08 25). literasi membaca dalam pembelajaran dan asesmen kompetensi minimum. Retrieved from lpmpdki kemdikbud: https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/literasi-membaca-dalam-pembelajaran-dan-asesmen-kompetensi-minimum/

Meriana, T., & Murniarti, E. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110-116. doi:https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.7

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/14993/6810

Sariningsih, R., Kadarisma, G., & Ghiyat, M. (2022). PKM: Pelatihan Penyusunan Soal AKM bagi Guru di Kabupaten Pangandaran. Abdimas Siliwangi, 5(2), 357-366. doi:http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i2.10376

SMP, A. (2021, 04 01). Asesmen Kompetensi Minimum sebagai Bagian dari Asesmen Nasional 2021. Retrieved from DitSMP Kemdikbud: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/asesmen-kompetensi-minimum-sebagai-bagian-dari-asesmen-nasional-2021/

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Kesumawati, N. ., Fitriasari, P. ., Fuadiah, N. F., Jumroh, J., Septiati, E. ., & Sari, E. F. P. . (2023). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU SMAN 1 TALANG UBI MELALUI SOSIALISASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5565–5571. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16889