IMPLEMENTASI PENERAPAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS III UPT SDN 52 GRESIK

Authors

  • Feby Puspitasari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ismail Marzuki Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16869

Keywords:

Ice Breaking, Model Pembelajaran, Konsentrasi Belajar

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang bertujuan untuk membantu peserta didik menjadi senyaman mungkin dengan lingkungannya, keberhasilan belajar seorang peserta didik ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah kurangnya motivasi dan fokus peserta didik selama proses pembelajaran. Agar siswa dapat berkonsentrasi tinggi saat belajar, ice breaking dilakukan sebelum pembelajaran, karena taktik ini dapat meningkatkan konsentrasi siswa dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan penerapan ice breaking untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas III UPT SDN 52 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Jumlah sasaran dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas III UPT SDN 52 Gresik, dimana 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik ice breaking untuk meningkatkan konsentrasi siswa kelas III UPT SDN 52 Gresik menghasilkan hasil yang positif dan signifikan, karena pada saat suasana kelas menyenangkan dan suasana hati siswa tampak baik setelah ice breaking. , siswa dapat mempertahankan fokus mereka.

References

Algivari, A., & Mustika, D. (2022). Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 433–439.

Amalia, A., & Shoufika Hilyana, F. (2022). Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Educatio, 8(4), 1261–1268. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3120

Amelia, S., Sitanggang, G. Della, Siregar, R. M., Ginting, S. S. B., & Siahaan, M. H. T. (2023). Hubungan Penggunaan Ice Breaking Terhadap Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Tematik. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 30. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.44580

Ariesta, F. W., & Kusumayati, E. N. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 22–25.

Bili, L. D., & Dewi, M. (2019). Efektivitas Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 68–78.

Deswati, I. A. P., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 21–29.

Dewi, C. (2020). Ice Breaking Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2.

Fajarudin, A. A., Samsudi, A., & Lailatul Mas’adah, N. (2021). Teknik Ice Breaking sebagai Penunjang Semangat dan Konsentrasi Siswa Kelas 1 MI Nurul Islam Jatirejo. Idarotuna?: Journal of Administrative Science, 2(2), 147–176. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v2i2.21

Febriandari, E. I. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice Breaking Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4),

Febriandari, E. I., Khakiim, U., & Pratama, N. A. E. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice. Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4).

Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istioqmah, Roushandy Fardani, Dhika Juliana Sukmana, N. H. A. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April).

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330.

Hera, T., & Rizhardi, R. (2022). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran SBdP Di SD Negeri 23 Palembang. BADA,A?: Jurnal Ilmiah Pendididkan Dasar, 4(2), 391–398. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.656

I Wayan Kasni, & Komang Elisa Ayumi Dewi. (2022). Ice Breaking to Help the Children in Suwung Village in Starting the Process of Self-Establishment. Linguistic Community Services Journal, 3(1), 23–29. https://doi.org/10.55637/licosjournal.3.1.4786.23-29

Jusnita, S., Ginting, B., & Lombu, C. I. (2023). Pelaksanaan Ice Breaker "Tebak Siapakah Aku "Dalam Meningkatkan Atensi Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sd Negeri 040446 Kabanjahe. Journal Prevalent Multidisciplinary, 1(1), 1–10.

Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase?: Journal of Basic Education, 1(1), 84. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.47

Kurniasari, W., Murtono, M., & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 141–148. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891

Lestari, D., Azrina, Y., & Novika, A. T. (2021). Pengenalan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Bahasa Indonesia Prima, 3(2), 1–6.

Maisah, S. (2019). Implementasi Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab ???? ? ????? ??? ???? . ??????? ????? ???? ?? ?????? ??? ????? ????? ??? ????? ??? ???? ?? ???? ? ????? ??????? ????? ???? ???? ??? ????????? ???????? ?????? ?? ???? ??????? ????? ???? ?????? ?? ? ?. El-Ibtikar, 8(1), 93–118.

Malawi, I., & Tristiar, A. (2016). Pengaruh Konsentrasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Manisrejo I Kabupaten Magetan. Premiere Educandum?: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 118–131. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.272

Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah, F. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1448.

Pamungkas, H. P., & Rafsanjani, M. A. (2019). Keefektifan Ice Breaking Dan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Dikelas. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 3(2), 67–74. https://doi.org/10.30599/utility.v3i2.621

Rahmaniyah, P. D. (2019). Peningkatan Efektivitas Proses Belajar Siswa dengan Penerapan Ice Breaking Siswa Kelas III SDN Giripurno 02 Batu. Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahmi, R. (2018). Korelasi Kegiatan Ice Breaking dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, VII(02), 150–160.

Subali, B., & Handayani, L. (2021). Pengembangan CD Pembelajaran Lagu Anak Untuk Menumbuhkan Pemahaman Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1).

Susanto, P., Ali, L. M., Aningtyas, R. D., & Syamsiyah, N. (2018). Belajar tuntas?: filosofi, konsep, dan implementasi. Bumi Aksara.

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Zuhariyah, Z., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Ii Di Sd Negeri Pusakajaya Utara I Kabupaten Karawang. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(Volume 7 Nomor 1 Juni 2022), 25–38. https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5222

Zulianto, A. (2021). Guru dan Pendidikan Yang Mencerahkan. Aksaran Pena.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Puspitasari, F. ., & Marzuki, I. . (2023). IMPLEMENTASI PENERAPAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS III UPT SDN 52 GRESIK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5405–5411. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16869