PENGEMBANGAN IDE DAN KONSEP BISNIS BAGI CALON WIRAUSAHAWAN MUDA SMK NEGERI 3 DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16749Keywords:
Pengembangan Ide Bisnis, Konsep Bisnis, Literasi Kewirausahaan, Pelatihan Bisnis.Abstract
Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan membantu siswa dalam mengembangkan ide bisnis dan konsep bisnis yang komprehensif. Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan yang mencakup materi tentang penciptaan ide bisnis, pengembangan ide bisnis, dan bisnis model canvas. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat FEB Universitas Pancasila di SMK Negeri 3 Depok dengan fokus pada literasi kewirausahaan. Tahapan pelaksanaan meliputi identifikasi kebutuhan, survei pendahuluan, dan rapat koordinasi. Kegiatan dilaksanakan dengan pembentukan kelompok siswa, pemaparan materi, pengisian survei kepuasan, sesi tanya jawab dan pemberian penghargaan. Selama kegiatan berlangsung, peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi, mempresentasikan ide bisnis mereka, dan berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Hasil survei kepuasan menunjukkan bahwa semua peserta merasa puas dengan rangkaian acara yang telah dilaksanakan. Siswa-siswi peserta pelatihan menunjukkan antusiasme yang tinggi dan tampak benar-benar membutuhkan wawasan tentang kewirausahaan. Terjalinnya komunikasi dan kerja sama yang baik antara tim pengabdian masyarakat dan SMK Negeri 3 Depok memberikan harapan untuk kerja sama yang lebih lanjut. Dengan demikian dapat disimpulkan kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil memberikan manfaat bagi siswa SMK Negeri 3 Depok dalam mengembangkan ide bisnis dan konsep bisnis.References
Azizah, W. (2021). Covid-19 in Indonesia: Analysis of Differences Earnings Management in the First Quarter. Jurnal Akuntansi, 11(1), 23–32. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.11.1.23-32
Azizah, W. (2022). Pandemi COVID-19: Apakah Mempengaruhi Green Accounting di Indonesia? Review of Applied Accounting Research (RAAR), 2(2), 153. https://doi.org/10.30595/raar.v2i2.13679
Azizah, W., Fredy, H., & Wahyoeni, S. I. (2023). COVID-19 and Financial Outcome in Tourism Sub-Sector Company in Indonesia. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 12(4), 80–84. https://doi.org/10.35629/8028-12048084
Azizah, W., Thalib, S., Hermawati, A., & Febrian, A. (2022). UMKM Binaan Posdaya Kenanga Jagakarsa Bertahan Ketika Pandemi COVID-19 Melalui Peningkatan Keterampilan Perhitungan Harga Pokok Produksi. Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 63–70. https://doi.org/https://doi.org/10.35814/abdi.v2i2.3419
Damayanti, A. N., Azizah, W., & Lie, B. R. T. (2021). PEMBUKUAN KEUANGAN BAGI UMKM BINAAN POSDAYA CEMPAKA. Suluh: Jurnal Abdimas, 3(1), 20–26. https://doi.org/https://doi.org/10.35814/suluh.v3i1
Muhyidin, J., Ambarwati, S., & Azizah, W. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia. RELEVAN?: Jurnal Riset Akuntansi, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.35814/relevan.v2i1.2822
Putri, A., Sudarmaji, E., Azizah, W., Akuntansi, P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). DETERMINAN MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL (Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2014-2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila). Jiap, 3(1), 58–70.
Statistik, B. P. (2022). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan (Orang) 2021-2022. https://www.bps.go.id/indicator/6/674/1/- pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan.html.
Suherman, A., Yusuf, Y., Ismanto, B., & Umam, D. C. (2022). Upaya Membangun Dan Memelihara Semangat Belajar Di Masa Pandemi Pada Yayasan Pondok Pesantren Izzatul Islam. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 56–61.
Wibowo, N. (2016). Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan dengan tuntutan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45–59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Widyaningsih Azizah, Widyawati Widyawati, Indra Ade Irawan, Ade Wahyudi, Sri Irviati Wahyoeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.