PELATIHAN SEKOLAH ALAM PROGRAM MBKM BINA DESA DI DESA SUNGAI KUPAH

Authors

  • Sinta Sinta Universitas Tanjungpura
  • Elisha Amelinda R Universitas Tanjungpura
  • Nabila Khairunnisa Universitas Tanjungpura
  • Mikha Aryanti Universitas Tanjungpura
  • Surya Pratama Universitas Tanjungpura
  • Vincent Obedient W Universitas Tanjungpura
  • Natalia Sella Universitas Tanjungpura
  • Iwan Ramadhan Universitas Tanjungpura
  • Imran Imran Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16311

Keywords:

Pelatihan, Sekolah Alam, Program MBKM Bina Desa

Abstract

Tujuan pelatihan program sekolah alam dari program MBKM Bina Desa di Desa Sungai Kupah bertujuan untuk meningkatkan upaya-upaya masyarakat terhadap kepedulian pendidikan diluar lingkungan dan jadwal pembelajaran di sekolah. Program yang dilaksanakan ialah Sekolah Alam yang dilakukan diluar ruangan untuk menciptakan pembelajaran lebih menyenangkan kepada anak-anak di Desa Kupah, sehingga minat siswa untuk terus belajar bisa terwujud. Adapun kegiatan yang dilakukan sebanyak 5 bentuk pelatihan, diantaranya pembelajaran bahasa Inggris dasar, penanaman bibit sayur dan buah, quiz benar atau salah, kolase mewarnai gambar dan eksperiment sains lampu Lava dan Balon. Metode pelatihan Sekolah Alam yang dilaksanakan yaitu pengajaran, terdapat pengajar dan anak-anak, menghasilkan keterampilan dalam penanaman, eksperimen dan menguji kemampuan kogntif anak. Hasil penelitian ini diantaranya anak-anak sudah bisa menyebutkan pelafalan ABC yang sudah diajarkan menggunakan Bahasa Inggris, meningkatkan pengetahuan anak, meningkatnya kreativitasnya, eksperiment sains meningkatkan rasa ingin tahu anak-anak dan menarik perhatian serta memancing rasa penasaran dan terlatihnya kemampuan berpikir kritis dan manfaat lain sebagainya.

Author Biography

Surya Pratama, Universitas Tanjungpura

Pendidikan Sosiologi

References

Basori, B., Sajidan, S., Akhyar, M., & Wiranto, W. (2023). Analysis Of Vocational Students’ Critical Thinking Skills Using The OER-Assisted Blended Learning. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(2), 264–270.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1). https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Elihami, E., & Melbourne, M. (2022). The Trend of “Independent Learning Independent Campus”: Teaching Model of Islamic Education through bibliometrics mapping in 2021-2022. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 86–96.

Firdaus, R. M., Andayani, E., Yudiono, U., & Walipah, W. (2022). Implementasi triple helix of economic education terintegrasi sustainable develompent goals (SDGs) dalam konteks merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(1), 71–77.

Istiqomah, I., Pramudita, B. A., & Rizal, A. (2023). Pelatihan Learning Management Sistem Di Sekolah Alam Gaharu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1964–1972.

Kristiana Nawai, Imran, Iwan Ramadhan, Suriyanisa, D. (2023). Peran Orang Tua dalam Keberlangsungan Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Perbatasan Malaysia di Desa Merakai Panjang Kabupaten Kapuas Hulu). Jurnal Pendidikan?: Riset Dan Konseptual, 7(2), 216–224.

Mailin, M. (2021). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi: Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia (Jurnal APIC), 4(1), 68–75.

Rahminawati, N., & Suhardini, A. D. (2015). Pengelolaan Program Bina Desa Sebagai Upaya Peningkatkan Kecerdasan Sosial (Penelitian Pada Siswa Kelas XI Di SMA Darul Hikam Dago-Bandung) â€. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 88–93.

Ramadhan, I., & Warneri, W. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 741–750.

Ramadhan, I., Firmansyah, H., Imran, I., Purnama, S., & Wiyono, H. (2023). Transformasi Kurikulum 2013 Menuju Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Pontianak. Vox. Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(1), 53–62.

Ramadhan, I., Imran, I., Al Hidayah, R., Prancisca, S., Ismiyani, N., Okianna, O., ... & Juliantara, J. (2022). Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pembuatan Bahan Ajar Elektronik di SMPN 7 Sungai Raya. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5021–5024.

Rusdiana, R., Sulistyarini, S., & Ramadhan, I. (2021). Analisis Proses Belajar Mengajar Berbasis Literasi Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Madrasah Aliyah Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(2).

Sopiansyah, D., & Masruroh, S. (2021). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj?: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1). https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Sutiawan, S., & Fauzan, A. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Alam Lampung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 39–49.

Ulmi, T. F., Imran, I., & Ramadhan, I. (2021). Analisis Peran Relawan Organisasi Aku Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pemulung di TPAS Batu Layang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(3), 1049–1057.

Wulansari, B. Y., & Sugito, S. (2016). Pengembangan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kualitas proses belajar anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 16–27.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Sinta, S., Amelinda R, E., Khairunnisa, N., Aryanti, M. ., Pratama, S., W, V. O. ., Sella, N., Ramadhan, I., & Imran, I. (2023). PELATIHAN SEKOLAH ALAM PROGRAM MBKM BINA DESA DI DESA SUNGAI KUPAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5910–5917. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16311