PELATIHAN PEMBUATAN KIPAS ANGIN PORTABEL DI MTS ABU DARRIN BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16097Keywords:
IPA, Kipas Angin Portabel, Media Pembelajaran.Abstract
Kipas angin portabel ini merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan proses pembelajaran di dalam kelas. Peserta didik akan lebih mudah memahami konsep jika melihat fenomena atau gejala yang nyata dan visible melalui peragaan menggunakan peraga pendidikan. Kipas angin portabel ini juga mampu membuat peserta didik merasa termotivasi atau senang terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, penulis bermaksud mengadakan kegiatan pengabdian berupa pelatihan pembuatan Kipas angin portabel. Metode pelaksanaan yan digunakan terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi program dan pelaporan. Kesimpulan dari pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai berikut Kipas angin portabel memberikan manfaat sebagai media pembelajaran berbasis praktikum dan simulasi yang menarik siswa sehingga siswa mempunyai antusias yang besar untuk belajar.References
Ariwibowo, D., Elektro, P. T., Pendidikan, F., Sultan, U., Tirtayasa, A., Informasi, F. T., & Raya, U. S. (2016). Pengembangan aplikasi simulasi perhitungan energi mekanik berdasarkan hukum kekekalan energi dalam proses belajar siswa. E-Jurnal.Lppmunsera.Org, 3(1), 3–7. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/115
Dyah, L. A. (2020). Gaya dan Energi. Ilmpu Pengetahuan Alam, 2, 63–64. https://www.google.com/search
Kandi, & Winduono, Y. (2012). Energi dan Perubahannya. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA, 1–58.
Maghfiroh, A. M., & Bakar, A. (n.d.). Pelatihan Pembuatan Prototype Pembangkit Listrik Tenaga Angin. 29.
Pudjanarsa, A., & Nursuhud, D. (2013). Astu Pudjanarsa dan Djati Nursuhud, Mesin Konversi Energi , C.V Andi OFFSET, Yogyakarta, 2013, hlm. 1. 5. 5–37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amalia Ma’rifatul Maghfiroh, Abu Bakar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.