PEMANFAATAN METODE KOMPETISI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Hosnol Wafa Universitas Panca Marga
  • Faridahtul Jannah Universitas Panca Marga
  • Sri Andayani Universitas Panca Marga
  • Indra Tjahyadi Universitas Panca Marga
  • Adi Sutrisno Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15949

Keywords:

Metode Kompetisi, Siswa, Bahasa Inggris, Minat Belajar

Abstract

Metode kompetisi adalah metode pembelajaran yang memanfaatkan cara kompetisi atau lomba untuk meningkatkan minat belajar, dan mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan oleh siswa atau peserta didik. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris sejak usia dini di TK Tunas Harapan, Kota Probolinggo. Penetapan tujuan tersebut didasarkan pada pemahaman bahawa Bahasa Inggris merupakan lingua franca di era globalisasi. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Inggris perlu diberikan pada siswa sejak usia dini. Dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut ditemukan bahwa metode kompetisi dapat membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar bahasa Inggris. Hal itu tampak dari antusiasme  dan keberanian siswa TK Tunas Harapan, Kota Probolinggo dalam evaluasi penilaian akhir yang diselenggarakan dengan model English Speaking Contest.

References

Baehaqi, I. (2020). Metode Perlombaan Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam. Annual Conference On Islamic Education And Thought (ACIET), 1(1), 74-93. Retrieved from https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/609

Budiman, A. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Kompetisi Antar Siswa (KAS) pada Siswa Kelas V di SDN Pakintelan 03 (Increasing Mathematic Instructional Quality By Students Competition At Fifth Sdn Pakintelan 03). Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/10.15294/kreatif.v1i2.1676

Herdyastika, M., & Kurniawan, M. (2020). Analisis Perbandingan Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Inovatif di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1585-1593. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.902

Kusiah, Y. . (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Kompetisi dan Aktifitas (Kompak). Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 171–176. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.286

Maridjo, A. H., & Salimi, A. (2014) Peningkatan Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Kompetisi pada Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(2). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4472

Na'imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564-2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916

Rusydi, M. A. (2020). Penerapan Metode Kompetisi Dalam Meningkatkan Motivasi

Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII-1 SMP Muhammadiyah 48 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). http://repository.uinsu.ac.id/11394/

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Wafa, H. ., Jannah, F. ., Andayani, S. ., Tjahyadi, I. ., & Sutrisno, A. . (2023). PEMANFAATAN METODE KOMPETISI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4430–4434. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15949

Similar Articles

<< < 19 20 21 22 23 24 

You may also start an advanced similarity search for this article.