PEMANTAPAN KEGIATAN MENGAJAR GURU DAN CALON GURU SEKOLAH DASAR DI SMP NEGERI 1 KOBA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15663Keywords:
PAIKEM, Pemantapan Kemampuan Mengajar, Metode MengajarAbstract
Pemantapan kemampuan mengajar (PKM) profesi guru merupakan kegiatan praktik mengajar di sekolah dengan menerapkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan atau dikenal dengan PAIKEM. Berbeda dengan program pengalaman lapangan (PPL),kegiatan pemantapan mengajar ini yang mempraktiknya adalah seorang guru. Pemantapan kemampuan mengajar merupakan upaya pembaharuan (perbaikan) dalam kegiatan belajar di kelas sehingga dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran dan juga hasil belajarnya. Mengajar bukanlah sekedar kegiatan rutin serta mekanis, kegiatan ini tergantung kemampuan menganalisis kebutuhan belajar peserta didik, mengambil keputusan apa yang harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif dan efisien, mengaktifkan peserta didik melalui motivasi dari luar dan dalam peserta didik, mengevaluasi hasil belajar, dan menyempurnakan pembelajaran berikutnya agar lebih efektif sehingga mampu memberikan peningkatan prestasi belajar peserta didik. Dengan demikian untuk meningkatkan dan memotivasi seorang guru mengajar dalam proses pembelajaran dilakukan kegiatan pelatihan dengan tujuan memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman mengajar yang lebih baik guna menjadikan seorang guru yang profesional.References
Damanik, R., Sagala, R. W., & Rezeki, T. I. (2021). Keterampilan Dasar Mengajar Guru (M. Arifin (ed.); 1st ed.). UMSU Press.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran (A. Daulay (ed.); 1st ed.). Perdana Publishing.
Nur Arsyad, S. (2019). Strategi Pembelajaran. Semiotika.
Rowikarim, A. (2013). Mengajar yang Efektif Menjadi Penentu Kualitas Seorang Guru. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 7(1), 40–50.
Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. RAUDHAH, 1(1), 88–97.
Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. El-Ghiroh, 16(01), 1–13.
Wirasa. (2014). Pembelajaran Menggunakan Pendekatan PAIKEM. Jurnal Ilmiah Wuny, 14(2), 1–8.
Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maya Saftari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










