PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 5 DALAM ADAPTASI TEKNOLOGI DI SDN 3 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15071Keywords:
Adaptasi Teknologi, Kampus Mengajar, Kampus MerdekaAbstract
Program kampus mengajar sangat membantu bagi sekolah dalam memajukan dunia pendidikan. Salah satu program dari kampus mengajar adalah adaptasi teknologi. Aplikasi dan adaptasi teknologi dalam ruang-ruang pembelajaran menjadi sebuah keharusan dalam menghadapi perubahan di era globalisasi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Di SDN 3 Kota Bengkulu masih sangat minim sekali tentang adaptasi teknologi. Oleh sebab itu, mahasiswa kampus mengajar datang untuk memberikan adaptasi teknologi yang akan berguna untuk jangka panjang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik observasi. Hasil dari penelitian ini, pertama peneliti melakukan observasi selama satu minggu, melakukan perancangan program dengan berkoordinasi dengan dosen pembimbing lapangan, guru pamong dan kepala sekolah, kemudian pelaksanaan program adaptasi teknologi yang dilakukan mahasiswa kampus mengajar angkatan 5 di SDN 3 Kota Bengkulu yaitu pendampingan pengorganisasian laptop, penggunaan microsoft office, penggunaan WhatsApp web, penggunaan infocus, penggunaan zoom meeting dan google meet.References
Amalia, R., Hamsa, A., & Saleh, M. (2022). Analisis Penggunaan Klausa Dalam Rubrik Opini Pada Surat Kabar Harian Tribun Timur Makassar. Bisai: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(1), 28–39.
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. Https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V9i1.221
Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka. In Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Content/Uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembnag, 125–129.
Far-Far, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran. Istoria: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1), 1–5.
Intan, T., & Handayani, V. T. (2020). Fenomena Campur Kode Dalam Novel Metropop Antologi Rasa Karya Ika Natassa (Mixed-Codes Phenomenon In The Metropop Novel Of Antologi Rasa By Ika Natassa). Kandai, 16(2), 259. Https://Doi.Org/10.26499/Jk.V16i2.1285
Irmeilyana, I., Ngudiantoro, N., Ngudiantoro, N., Maiyanti, S. I., Maiyanti, S. I., Setiawan, A., & Setiawan, A. (2022). Pemanfaatan Gawai Pada Adaptasi Teknologi Untuk Media Pembelajaran Bagi Guru Sdn 9 Tanjung Batu Di Desa Limbang Jaya Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Vokasi, 6(1), 16. Https://Doi.Org/10.30811/Vokasi.V6i1.2448
Rendika, V., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research And Development Journal Of Education, 8(1), 185. Https://Doi.Org/10.30998/Rdje.V8i1.11718
Santoso, H. D., Sari, D. P., Fadilla, A. D., Utami, F. F., Rahayu, F. P., Sari, D. C., & Sya’bani, N. P. (2022). Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Dalam Program Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), 100.
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30–38. Https://Doi.Org/10.47747/Jbme.V2i2.230
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alisha Putri Setiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










