PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PENINGKATAN PROFESIONALISME KERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15029Keywords:
Kata Kunci: Pemberdayaan Guru, Profesionalisme Kerja GuruAbstract
Pengabdian ini dilaksanakan di Perguruan Islam Cerdas Murni dengan tujuan untuk memberi pemahaman terkait dengan guru professional. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi serta tanya jawab terkait permasalahan yang dihadapi guru dalam proses mengajar serta beban dan tanggungjawab yang dibebankan oleh para guru. Dalam hal ini terlihat adanya peningkatan pengetahuan yang dimiliki oleh guru setelah dilakukan pelatihan dan pemahaman terkait dengan tugas dan kewajiban menjadi guru yang professional. Besar harapan bahwa guru di Perguruan Islam Cerdas Murni dapat memahami dan menjalankan amanat dari Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 8 bahwa kompetensi guru yang harus dijalankan oleh guru professional meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi professional.References
Hatta, H.M. (2016). Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru. Nizamia Learning Center
https://gurubinar.id/blog/4-kompetensi-guru-yang-wajib-dimiliki-oleh-calon-guru?blog_id=53
https://www.cerdasmurni.sch.id/profil-sekolah-2-sejarah-yayasan-adlin-murni.html
Nasution, Lukman, Seila Rizkina. (2022). Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Islam Terpadu Al Munadi. JOTE: Journal On Teacher Education, Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022 Hal. 686-694.
Nasution, Lukman, Benyamin Situmorang, Arif Rahman. (2021). Influence of School Supervisor of Academic Supervision to the Professionalism of Teachers in States of Elementary Schools District of Medan Amplas. Proceedings of the 6th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2021), Vol. 591, p. 435-439.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lukman Nasution, Seila Rizkina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.