MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MELALUI GERAKAN LITERASI AYO MEMBACA DI SD NEGERI 38 KOTA BENGKULU

Authors

  • Rensiani Septian Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mahdijaya Mahdijaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yanti Paulina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septina Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Loliek Kania Atmaja Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Meningkatkan, Minat Membaca, Gerakan Literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi ayo membaca di SD Negeri 38 Kota Bengkulu. Penelitian ini berusaha untuk menumbuhkan minat baca siswa melalui penerapan gerakan literasi ayo membaca. Metode penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah,  Guru, Siswa dan Orang tua. Data 1 “ saya senang bercerita kembali setelah membaca buku cerita yang saya baca”. Data 2 “ saya senang membaca apalagi bukunya ada gambarnya”. Data 3 “ saya senang dengan kegiatan ini karena bukunya bagus dan bergambar”. Data 4 “ saya lebih suka membaca komik karena banyak gambarnya”. Data 1 sampai 4 menunjukan bahwa para siswa merasa senang dan tertarik dengan kegiatan  30 menit membaca. Hal ini menunjukan bahwa perlu  mengoptimalkan kegiatan 30 Menit Membaca yang sudah diterapkan. Dengan  kegiatan 30 menit membaca, program Gerakan Literasi Ayo Membaca dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Membaca adalah salah satu dari empat kemampuan bahasa pokok, dan merupakan bagian atau komponen dari komunikasi tulis. Dalam komunikasi tulis, lambang-lambang bunyi bahasa diubah menjadi lambang-lambang tulis atau huruf- huruf, Harianto (2020). Menurut Rohman (2017) minat membaca adalah suatu perhatian yang kuat dan mendalam diserta dengan perasaan senang terhadap kegiatan membaca sehingga mengarahkan anak untuk membaca dengan kemauan sendiri, tanpa harus di paksa. Menurut Moleong  dikutif dalam Pritandhari (2016)  Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya: perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain lain, secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.

References

Alhamid Dan Anufia. 2019. “Penelitian Kualitatif.” Instrumen Pengumpulan Data Kualitatif, 1–20.

Apriliani Dan Radia. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar” 4 (4): 994–1003.

Arum Nisma Wulanjani, And Candradewi Wahyu Anggraeni. 2019. “Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Proceeding Of Biology Education 3 (1): 26–31. Https://Doi.Org/10.21009/Pbe.3-1.4.

Baroroh, Alisia Zahro’tul, Erni Yuliani, Fina Arum, And Elissa Wilda Fuaida. 2021. “Pengaruh Mading Kelas Terhadap Peningkatan Budaya Literasi Pada Siswa Di MI / SD.” Seminar Nasional PGMI 2021, No. 1: 763–74.

Dharma Budi. 2020. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Edukasi Nonformal 1 (2): 70–76.

Elendiana, Magdalena. 2020. “Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2 (1): 54–60. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V1i2.572.

Elita Dan Supriyanto. 2019. “Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Melalui Gerakan Literasi Sekolah,” 106–13.

Harianto, Erwin. 2020. “‘Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa.’” Jurnal Didaktika 9 (1): 2. Https://Jurnaldidaktika.Org/.

Harras, Kholid A. 2017. “Hakekat Membaca.” Membaca 1, 6.

Khusna, Syafa, Lailatul Mufridah, And Ni Sakinah. 2022. “Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar” 2 (2): 101–12.

Nursalina Dan Budiningsih. 2019. “Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Minat Membaca Pada Anak” 3 (1): 1–7.

Prasrihamni, Mega, Zulela, And Edwita. 2022. “OPTIMALISASI PENERAPAN KEGIATAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR Mega.” Jurnal Cakrawala Pendas 8 (1): 128–34.

Pritandhari, Meyta. 2016. “Penerapan Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Keuangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 4 (2): 1–7. Https://Doi.Org/10.24127/Ja.V4i2.631.

Rohim, Dhina Cahya, Septina Rahmawati, And Universitas Muhammadiyah Kudus. 2020. “DI SEKOLAH DASAR” 6 (3).

Rohman, Syaifur. 2017. “Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 4 (1): 156–60.

Safitri Dkk. 2021. “Hubungan Antara Minat Membaca Dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Di Sekolah Dasar” 3 (5): 2985–92.

Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kualitatif,” 222–25.

Suratinah, Yunianika Dan. 2019. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka” 3 (4): 497–503.

Tahmidaten, Lilik, And Wawan Krismanto. 2020. “Permasalahan Budaya Membaca Di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya).” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10 (1): 22–33. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I1.P22-33.

Wiratsiwi Wendri. 2020. “Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar.” Ilmiah Kependidikan 10.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Septian, R. ., Mahdijaya, M., Paulina, Y. ., Lisdayanti, S. ., & Atmaja, L. K. (2023). MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MELALUI GERAKAN LITERASI AYO MEMBACA DI SD NEGERI 38 KOTA BENGKULU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3043–3050. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15020

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.