ANALISIS KEPUASAN KEGIATAN MAHASISWA PADA PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14827Keywords:
Pertukaran Mahasiswa, Kegiatan Nusantara, Perguruan Tinggi, MahasiswaAbstract
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM2) merupakan program yang diadakan oleh pemerintah untuk mahasiswa selama satu semester guna mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi yang berbeda. Melalui kegiatan Pertukaran Mahasiswa (PMM2) di Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Institut Teknologi Kalimantan, maka adanya sinergi antara perguruan tinggi asal dan perguruan tinggi tujuan.Tujuan Pertukaran Mahasiswa ini adalah Mendapatkan pengalaman belajar di kampus yang berbeda, mempelajari keberagaman budaya Nusantara, menjalin hubungan sosial dengan masyarakat di tempat tujuan, mampu bekerja sama dengan anggota lain baik dalam belajar maupun mengenal lingkungan sekitar, menambah wawasan tentang keberagaman budaya Indonesia, memperoleh nilai hasil pengakuan kredit mata kuliah dari PT Pengirim, dan mendapatkan e-sertifikat PMM 2 dari Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek. Pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM2) memberikan dampak positif yang signifikan bagi mahasiswa. Selain itu, program ini juga mendorong mahasiswa untuk menggali pengetahuan dan potensi dalam dirinya dengan pengalaman yang didapat selama pertukaran mahasiswa ini berlangsung.References
https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4417529304601-Apa-itu-Program-Pertukaran-Mahasiswa-Merdeka-
Ulum, B., & Septayuda, T. (2022). Gambaran Kesiapan Mahasiswa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Al Azhar Indonesia: Studi Kasus Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 7(2), 83.
Ecca, S., Mustanir, A., Ahmad, J., Ramlan, P., Adri, K., Mardhatillah, M., & Sulaiman, Z. (2022). Peran Program Pertukaran Pelajar MBKM dalam Pengembangan Kompetensi Lulusan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3).
Zalukhu, . . A. ., Hutasoit, D. H., & Napitupulu, F. D. . (2022). The effectiveness of using Personal Vocabulary Notes To improve students’ Reading Comprehension of Eleven Grade at SMA Negeri 13 Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5949–5955. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6419
Anggraini, S., Palupi, A., Hadi, K., & Arsyad, A. T. (2022). Analisis Dampak Program Pertukaran Pelajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Mahasiswa Internal. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(2), 442660.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gomer Ikhtiar Gulo, Perdinaria Sianipar, Reni Mustika Gulo, Parlindungan Sitorus, Juliper Nainggolan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










