PELATIHAN PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI MISALAFIYAH SYAFI’IYAH AL-AMIEN RAJEKWESI KENDIT SITUBONDO

Authors

  • Miftahus Surur STKIP PGRI Situbondo
  • Fathor Rakhman STKIP PGRI Situbondo
  • Weni Kurnia Rahmawati Universitas PGRI Argopuro
  • Indah Yana STKIP PGRI Situbondo
  • Warda Warda STKIP PGRI Situbondo

Keywords:

Integratif, Observasi, Aktifitas

Abstract

Pembelajaran tematik integratif merupakan strategi penting untuk diterapkan secara maksimal pada tingkat dasar. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara teori dan praktek terkait implementasi pembelajaran tematik integratif. Metode yang digunakan adalah ceramah, presentasi dan diskusi. Hasil dari pelatihan ini adalah tercapainya seluruh indikator keberhasilan pelatihan yang telah direncakan sejak awal observasi dan ketika diskusi awal bersama pihak sekolah. Keberhasilan pelaksanaan pelatihan dapat dilihat dari nilai aktifitas peserta pelatihan yang berada pada kategori sangat baik, pemahaman peserta pelatihan juga berada pada kategori sangat baik, serta nilai evaluasi narasumber yang juga berada pada kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan telah mencapai target yang diinginkan yaitu peningkatan pada aktifitas belajar dan pemahaman peserta pelatihan serta hasil evaluasi nilai narasumber yang sangat baik.

References

Apriani, A. N., & Wangid, M. N. (2015). Pengaruh SSP Tematik-Integratif Terhadap Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 12-25.

Arifin, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 19-29.

Chamisijatin, L., Permana, F. H., & Zaenab, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tematik Model Terkait (Connected Model) Berbasis Masalah Terhadap Ketercapaian Kompetensi Mahasiswa Melalui E-Learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4372-4382.

Oktaviani, W., & Halim, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu Tipe Webbed Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Minat Belajar Pada Sdn Gudang Tigaraksa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 1005-1014.

Ramdhani, S. R., & Yuliastri, N. A. (2018). Model Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Membentuk Karakter Jujur Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pelita Paud, 2(2), 149-150.

Rohmanurmeta, F. M. R., & Farozin, M. (2016). Pengaruh Pengaturan Tempat Duduk Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(1).

Sutisna, A., & Rahmawati, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Tematik Integratif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 2(2), 120-133.

Sukerti, N. N., Marhaeni, M. P. A. N., & Suarni, M. P. N. K. (2016). Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara (Doctoral Dissertation, Ganesha University Of Education).

Sukri, Y. F., & Widjajanti, D. B. (2015). Pengaruh Pendekatan RME Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SD Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 227-238.

Muhith, A. (2018). Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu Di MIN III Bondowoso. Indonesian Journal Of Islamic Teaching, 1(1), 45–61.

Purnamasari, R., & Purnomo, H. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 163–174.

Rajagukguk, K. P., Lubis, H., Pribadi, J., Supriadi, S., Darliana, E., Mashuri, K., & Kesumawati, D. (2022). PELATIHAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF MENGGUNAKAN LESSON STUDY As LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1411–1425.

Usriyah, L., & Prayogo, M. S. (2018). Problematika Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Di Lembaga Pendidikan Dasar Islam: Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Garahan Jember Jawa Timur. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 192–210.

Wangid, M. N., Mustadi, A., Erviana, V. Y., & Arifin, S. (2014). Kesiapan Guru SD Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif Pada Kurikulum 2013 Di DIY. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 175–182.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Surur, M. ., Rakhman, F. ., Rahmawati, W. K. ., Yana, I. ., & Warda, W. (2023). PELATIHAN PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI MISALAFIYAH SYAFI’IYAH AL-AMIEN RAJEKWESI KENDIT SITUBONDO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2690–2697. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14752