IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENCEGAHAN TRADITIONAL BULLYING DAN CYBERBULLYING DI SMP SWASTA BAKTI-II MEDAN

Authors

  • Toni Hidayat Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nila Lestari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Yuni Shara Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Abdul Malik Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Keywords:

Manajemen Sekolah, Traditional Bullying, Cyber bullying

Abstract

Fokus kegiatan pengabdian di  SMP SWASTA BAKTI –II  bertujuan untuk menambah dan meningkatkan kemampuan guru-guru dan tenaga kependidikan memahami pentingnya manajemen sekolah yang baik dan berperan dalam mencegah bullying secara tradisional ( fisik,verbal dan psikis), dan juga terjadi pada platform media sosial (cyber bullying). Perilaku siswa yang mencerminkan sikap bullying memang banyak terjadi tanpa disadari oleh guru maupun siswa itu sendiri. Banyak sekolah yang seolah menutup masalah bullying dan menganggapnya sebagai sesuatu yang benar. Belum lagi, tindakan bullying pada siswa ternyata dilakukan tanpa sadar oleh guru di dalam sekolah. Hal ini kadang dilakukan tanpa sadar dan jika tindakan tersebut terus berlangsung bisa memberikan luka dan trauma pada siswa. Padahal, sekolah adalah tempat bagi siswa-siswi menggunakan sebagian waktunya selain di rumah. Adapun manfaat dari kegiatan ini adalah menerapkan manajemen sekolah untuk mencegah terjadinya bullying pada siswa di sekolah serta peran penting sekolah dan guru tentunya. Mitra kegiatan program kemitraan masyarakat ini adalah Sekolah dan Guru- guru SMP  Swasta Bhakti II  Tanjung Mulia Medan. Permasalahan mitra yaitu belum adanya kebijakan anti bullying. Solusi yang akan dilakukan dalam program ini adalah sosialisasi untuk peningkatan pemahaman implementasi manajemen sekolah dalam mencegah bullying dengan respon yang bersifat segera dan respon yang bersifat jangka panjang, yaitu melalui kebijakan anti bullying. Metode yang diterapkan adalah klasikal dan individual. Metode pendekatan ini dalam bentuk ceramah dan praktek. Pendekatan individual dilakukan pada saat praktek berupa memberi sosialisasi pengetahuan mengenai manejemen sekolah dalam mencegah bullying. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman warga sekolah serta respon segera dalam mencegah bullying

References

Hadi, U. (2017). “10 Pelajar Pelaku 'Klitih' Divonis Satu hingga Lima Tahun Penjara” diunggah tanggal 1 Januari,2017

Hertinjung, W. S. (2013). “Bentuk-Bentuk Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar”, Prosiding Seminar Nasional Psikologi Parenting: Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Bangsa, diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tanggal 1 Juni 2013,diunduhdari

Jones, V. dan Jones, L. (2012).Manajemen Kelas Komprehensif, Edisi ke- 9,Diterj.oleh: Intan Irawati.Jakarta: Kencana Prenada Media Group

KPAI. (2016). “Rincian Data Kasus Berdasarkan Klaster Perlindungan Anak, 2011-2016”,diunggah tanggal 17 Juli 2016 di http://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-per-tahun/rincian-data- kasus-berdasarkan-klaster-perlindungan-anak-2011-2016, diunduh tanggal 25 Maret 2017.

Prastowo, A. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Cet. III.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

Hidayat, T. ., Lestari, N. ., Shara, Y. ., & Malik, A. . (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENCEGAHAN TRADITIONAL BULLYING DAN CYBERBULLYING DI SMP SWASTA BAKTI-II MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1820–1824. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13816