PENDAMPINGAN BELAJAR PADA PROGRAM MERDEKA BELAJAR DENGAN METODE PARTICIPATORY APPROACH UNTUK MEMBANGUN SEMANGAT SISWA SEKOLAH DASAR DAN TK DI DESA KOTAGANA KECAMATAN MAUPONGGO KABUPATEN NAGEKEO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12615Keywords:
Pendidikan, Merdeka Belajar, Pendampingan Belajar,Abstract
Desa Kotagana merupakan sebuah desa yang ada di Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan mulai 5 Desember 2022 sampai 5 Januari 2023, Berdasarkan data yang diperoleh Desa Kotagana memiliki kondisi, potensi, dan permasalahan yang berbeda-beda seperti adanya permasalahan yang dirasakan siswa SD dan TK setelah dampak Covid-19, sehingga siswa-siswi kembali melakukan proses belajar mengajar di sekolah secara aktif dan juga mendapat pendampingan belajar khusus di rumah dari mahasiswa KKN STKIP Citra Bakti. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebagai program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan sebagai salah satu perwujudan tridharma perguruan tinggi. KKN adalah media yang digunakan untuk mentransfer IPTEKS yang dikaji dan dikembangkan di Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Berdasarkan hal tersebut mahasiswa KKN STKIP Citra Bakti Ngada yang tidak terlepas dari fungsinya sebagai mahasiswa pendidikan, diharapkan mampu menyalurkan ilmu atau pengetahuan yang diperoleh dari bangku perkuliahan kepada orang lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam artikel ini ialah pendekatan partisipatif (Participatory Approach), untuk memberikan gambaran tentang kegiatan pendampingan belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar dari tingkat TK sampai SD di Desa Kotagana Kecamatan Mauponggo Kabupaten Nagekeo. Sehingga artikel ini bertujuan untuk memahami fenomena pendampingan belajar pada program Merdeka Belajar yang terjadi secara holistic (utuh) berkaitan dengan membangun semangat belajar siswa sekolah dasar dengan cara deskripsi analisis secara induktif dalam bentuk kata-kata dan bahasa.References
Aya, Selviana Indah. 2020. “Mengenal Covid-19”.Diakses dari laman https://vivahealth.co.id/article/detail/13439/mengenal-covid-19 pada 2 Mei 2020 Hal. 17
Buku Panduan KKN Tahun 2021
Lestari,Indah Puji dkk. 2021. ‘’ Pendampingan Siswa Pada Program Belajar dari Rumah untuk Membangun Semangat Siswa Sekolah Dasar di Desa Pekalongan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Dalam Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah vol. 2.No. 1. 2021. Semarang. 12-17
Laporan KKN Tahun 2021
https://www.masterplandesa.com/penataan-desa/mengembangkan-potensi-desa-melalui-pemberdayaan-masyarakat-di-desa-mekarjaya-kabupaten-bogor/ diupload pada tanggal 12 Januari 2023
https://bobo.grid.id/read/083606157/bagaimana-karakteristik-wilayah-dan-sosial-masyarakat-pendesaan?page=all diupload pada tanggal 12 Januari 2023
Putria, Hilna dkk. 2020. “Analisis Proses Pembelajran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Basicedu vol. 4. No. 4. 2020.
Kurniasari, Asrilia dkk. 2020. “Analisis Efektifitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19”. Dalam Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian vol. 6. No. 3. 2020. Surabaya.
Putria, Hilna dkk. 2020. “Analisis Proses Pembelajran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Basicedu vol. 4. No. 4. 2020. Sukabumi.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak di Terapkannya Social Distancing. METALINGUA:Jurnal Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia, 31-34.Sukabumi.
Downloads
Published
Versions
- 2023-03-03 (3)
- 2023-03-03 (2)
- 2023-02-28 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wilibaldus Bhoke
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.