PENGOLAHAN IKAN NILA MENJADI ABON SEBAGAI INOVASI BARU DALAM MENUMBUHKAN EKONOMI DESA

Authors

  • Abdi Akbar Idris Universitas Negeri Makassar
  • Herman Sjahruddin STIEM Bongaya
  • Ansir Launtu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar
  • Aswar Aswar Universitas Indonesia Timur
  • Farhan Alif Kadir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar
  • Muklis Kanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar
  • Elyas Albar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar
  • Sandi Karese Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12490

Keywords:

Shredded fish,, innovation, tilapia, pallantikang, pattallassang

Abstract

Pengolahan ikan nila menjadi abon nila merupakan pemanfaatan salah satu sumberdaya alam oleh masyarakat di Desa Pallantikang melalui tambak yang dimiliki masyarakat desa, yang diharapkan dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan warga, sehingga dapat meningkatkan kualitas ekonomi di Desa Pallantikang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan. Terdapat beberapa tahapan dalam proses pembuatan abon dan strategi yang digunakan warga desa dalam pemasarannya sehingga produk Abon Nila tersebut dapat diterima pasar. Sebelum pelaksanaan aktivitas Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan, warga desa (petambak ikan nila) hanya menjual ikannya semata tanpa mencoba melakukan inovasi produk turunan dari ikan nila yang mereka miliki sementara harga pasaran dari ikan nila tergolong rendah (petambak hanya memperoleh keuntungan yang terbatas jika dibandingkan dengan biaya dan waktu yang mereka curahkan). Kondisi tersebut mendorong pelaksanaan PkM ini dengan menggandeng petambak ikan nila sebagai mitra. Proses pembuatan abon nila bermodalkan bahan-bahan yang mudah diperoleh dengan harga yang relatif murah. Pelaksanaan PkM ini terbukti memberikan manfaat pengetahuan dan ekonomi warga, bahwa dengan pengetahuan yang mereka miliki (warga) diharapkan dapat mereka kembangkan sesuai kebutuhan pasar dan dengan  pengetahuan tersebut warga dapat meningkatkan hasil produksinya dengan meningkatkan kualitasnya (daya tahan) serta varian rasa dari abon yang telah mereka ketahui pembuatannya dan  pemasarannya melalui pemanfaatan teknologi media online sehingga abon nila tersebut lebih dikenal oleh masyarakat luas.

References

Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 4(1), 69. https://doi.org/10.31328/js.v4i1.1732

Bonisya, C. (2019). Pengaruh Penambahan Jerami Nangka (Artocarpus Heterophyllus) Terhadap Kadar Serat Dan Daya Terima Abon Ikan Nila Merah (Oreochromis Niloticus). Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 2(1), 15-19..

Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17-32. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Gunawan, Sjaruddin, H., Zaury, M. A., Purnama, P., & Syukri, M. (2022). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Desa Pattalassang Melalui Manajemenisasi Umbi Menjadi Keripik Singkong. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(1), 45-52..

Hasan, Afifa, N., Maulana, I., Wahyuni, S., Novita, Anugrah, D., Fitri, Hafza, Naharia, Sahodding, Y., Rifai, A., Hartono, Aminullah, & Elihami. (2021). Budidaya Ikan Nila Pada Kolam Tanah. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(2), 24–33. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/782/362

Jufri, A., Yasin, M., & Nasir, M. (2021). Pengolahan Ikan Nila Menjadi Abon Ikan Nila. Jurnal Abdimas Sangkabira, 1(2), 131–144. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabi

Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). Visual Branding Produk Belimbing Olahan Umkm Depok Melalui Desain Logo. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 199-218. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548

Salsabila, M., & Suprapto, H. (2019). Teknik Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Di Instalasi Budidaya Air Tawar Pandaan, Jawa Timur. Journal of Aquaculture and Fish Health, 7(3), 118. https://doi.org/10.20473/jafh.v7i3.11260

Septiani, Y., Andriansyah, G., Anggraeni, A. M., Nurfadillah, F., Rahma, F. K., & Madjid, A. (2021). Menumbuhkan Sifat Inovasi Bisnis Di Kalangan Remaja Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i3.11442

Suryani, E., Furkan, L. M., Diswandi, Septiawan, A., & Guswulandari. (2019). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Saribaye Melalui Pengolahan Abon Ikan Nila. Abdi Insani, 6(3), 401–408. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i3.280

Suryani, N., Prihandoyo, W. B., Rachman, P. H., Sudarwo, R., & Hulaifi, H. (2021). Program Pelatihan Produksi Abon Ikan Dan Viral Marketing Di Desa Bunkate. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 868-876.

Yoswaty, D., Rifardi, R., Mubarak, M., & Elizal, E. (2022). Diversifikasi produk olahan ikan Nila Salin (Oreochromis niloticus) dan pengenalan alat peniris minyak abon di Kelurahan Pangkalan Sesai. In Unri Conference Series: Community Engagement 4, 27-35.

Downloads

Published

2023-03-12

How to Cite

Idris, A. A. ., Sjahruddin, H., Launtu, A. ., Aswar, A. ., Kadir, F. A. ., Kanto, M. ., Albar, E. ., & Karese, S. . (2023). PENGOLAHAN IKAN NILA MENJADI ABON SEBAGAI INOVASI BARU DALAM MENUMBUHKAN EKONOMI DESA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1047–1054. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12490