PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL BAGI GURU-GURU BAHASA JAWA SMP DI KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12412Keywords:
Bahasa Jawa, Workshop, Menulis, Karya IlmiahAbstract
Pilar utama sistem pendidikan nasional adalah guru. Guru sangat menentukan kesuksesan sebuah pembelajaran. Guru ditantang untuk selalu meningkatkan kompetensinya. Salah satu kompetetensi yang harus ditingkatkan seorang guru adalah kompetensi menulis artikel jurnal. Sangat sedikit guru yang memiliki kemampuan untuk menulis artikel jurnal. Penyebabnya adalah keterbatasan referensi dalam menulis, lemahnya budaya menulis di kalangan para guru, rendahnya motivasi guru untuk membuat karya tulis artikel ilmiah, dan keterbatasan waktu untuk menulis. Berkaitan dengan kondisi tersebut tim pengabdi berupaya untuk menjadi fasilitator terhadap permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Jawa SMP Kota Semarang dengan mengadakan program pengabdian kepada masyarakat. Tujuan program ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam hal penulisan artikel jurnal, dan meningkatkan kemampuan guru dalam hal submit artikel jurnal secara online menggunakan OJS (Open Journal System). Guna mencapai tujuan tersebut maka digunakan berbagai macam metode, diantaranya adalah ceramah, demonstrasi, tanya jawab, praktik langsung dan penugasan. Di akhir program dilakukan evaluasi untuk melihat tingkat keberhasilan program. Pelaksanaan program secara umum berjalan lancar. Peserta cukup antusias mengikuti kegiatan. Program ini juga dapat dikatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kemampuan guru dalam menulis artikel jurnal sebesar 25%. Rata-rata kemampuan awal sebelum mengikuti kegiatan pelatihan adalah 52, 5 menjadi 65,7 setelah mengikuti kegiatan pelatihan.References
Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi, 1(1), 22–26.
Al Hadi, K., Qomariyah, N., Minardi, S., Mardiana, L., Alaidrus, A. T., & Alaa’, S. (2019). Pengembangan Profesionalissme Guru dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.270
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.
Haris, A., & Suharti. (2019). Pemetaan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Hasil Penelitian yang Layak Terbit di Jurnal Ilmiah. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22.
Indriani, Y. D. (2010). Open Journal System (OJS) untuk Mengelola Publikasi Ilmiah. Jurnal Pustakawan Indonesia, 10(2), 38–46.
Marto, H. (2019). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Menulis Karya Ilmiah Di Kabupaten Tolitoli. Bomba?: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2), 84–89.
Rintaningrum, R. (2019). Mengapa Guru Tidak Menulis Karya Ilmiah: Perspektif Guru. Seminar Nasional ‘Bahasa, Sastra, dan Pendidikan dalam Perspektif Masyarakat Ekonomi ASEAN, October 2018.
Sitepu (2009). Teknik Menulis Abstrak. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 10(19), 98-100
Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria?: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 46.
Sodiq, I., Suryadi, A., & Ahmad, T. A. (2014). Program Guru Menulis: Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sejarah Dalam Penulisan Karya Ilmiah Di Kabupaten Semarang. Rekayasa, 12(1), 42–47. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v12i1.5586
Widodo, A., Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., Anar, A. P., Haryati, L. F., & Novitasari, S. (2021). Analisis Kesulitan Guru SD di Lombok Utara dalam Penyusunan Karya Ilmiah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3), 205–212. https://doi.org/10.30998/sap.v5i3.7692
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Joko Sukoyo, Endang Kurniati, Esti Sudi Utami, Nur Hanifah Insani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.